Siti Aisyah Doakan Doan Thi Huong Juga Dibebaskan

PERISTIWA | 13 Maret 2019 21:04 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Siti Aisyah mendoakan rekannya Doan Thi Huong juga bernasib sama, dibebaskan dari segala dakwaan kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. Saat ini Doan masih menjalani proses persidangan.

Ini disampaikan Siti Aisyah saat menggelar saweran bentuk rasa syukur di rumahnya di di Kampung Ranca Sumur, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten.

Nasib berbeda antara Siti Aisyah dan Doan Thai Huang. Padahal, keduanya sama sama didakwa Kim Jong-nam di Malaysia.

"Mudah-mudahan (Doan) menyusul seperti saya dibebaskan juga," kata Siti Aisyah kepada wartawan di kediamannya. Rabu (13/3).

Selama di tahanan, Siti mengaku tidak sekamar dengan warga Vietnam itu. Mereka hanya bertemu pada saat persidangan saja. "Engga satu sel (dengan Doan), kadang-kadang ketemu juga," ujarnya.

Pembelaan dan pendampingan kepada Siti Aisyah telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia sejak dia ditangkap pada Oktober 2017 hingga menjalani proses persidangan.

Pertemuan bilateral juga dilakukan untuk memuluskan pembelaan kepada Siti Aisyah. Alhasil, Siti Aisyah dapat kembali ke kampung halamannya berkumpul bersama keluarga yang sudah diimpikan selama dua tahun ini.

Akhirnya Siti Aisyah dinyatakan bebas setelah jaksa penuntut umum memilih mencabut seluruh dakwaan terkait pembunuhan kakak tiri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, itu. (mdk/noe)

Baca juga:
Siti Aisyah Bebas, ICJR Ingatkan Jokowi Ada 235 Terpidana Mati di Indonesia
Siti Aisyah Bebas, Vietnam Minta Hal Serupa ke Malaysia
Pembebasan Siti Aisyah Bukti Diplomasi Jokowi Kelas Premium
165 WNI Terancam Hukuman Mati Berhak Dapat Diplomasi Total Seperti Siti Aisyah
Tiba di Kampung Halaman, Siti Aisyah Jatuh Pingsan
Siti Aisyah Bebas, JK Tegaskan Pemerintah Selalu Berusaha Bebaskan WNI Bermasalah

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.