Soal Pleidoi Rizieq, Anggota Komisi III DPR Sebut Idealnya Ditindaklanjuti

Soal Pleidoi Rizieq, Anggota Komisi III DPR Sebut Idealnya Ditindaklanjuti
Sidang Rizieq Cs. Antara
NEWS | 11 Juni 2021 14:22 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Anggota Komisi III Didik Mukrianto mengatakan bahwa setiap pernyataan yang disampaikan dalam persidangan harus dipastikan kebenarannya. Ini menanggapi pleidoi yang disampaikan Rizieq Syihab dalam sidang kasus tes swab RS Ummi.

"Setiap keterangan harus dipastikan kebenarannya. Jika ternyata ada fakta persidangan yang sangat materiil yang menyangkut hal lain di luar pokok perkara, demi terwujudnya keadilan, idealnya ditindaklanjuti," ujarnya ketika dihubungi, Jumat (11/6).

Dia menjelaskan, secara umum pleidoi adalah suatu tahap pembelaan yang dilakukan terdakwa untuk melakukan sanggahan terkait dengan tuntutan dari penuntut umum. Dalam konteks ini memang menjadi penting bagi HRS untuk dapat melakukan pembelaan terhadap tuntutan jaksa.

"Jika dalam tuntutan itu dianggap tidak cermat, tidak tepat atau bahkan sama sekali jauh dari kebenaran," katanya.

Pembelaan, tegas politisi Demokrat itu, harus mengandung kebenaran, faktual, terukur, rasional dan disertai alat bukti dan/atau saksi yang cukup. Dengan tujuan memberikan keyakinan hakim dalam membuat keputusan

"Sudah sewajarnya dan seharusnya HRS untuk menyampaikan kebenaran, keterangan dan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan, bahkan korelasi antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya yang ada kaitannya langsung dengan perkaranya," urai dia.

Dalam konteks proses di pengadilan, keyakinan hakim dalam membuat keputusan akan sangat tergantung kepada para pihak dalam menyampaikan argumentasi, data, fakta, keterangan dan juga bukti-bukti yang terkait.

"Jika dalam kasus ini HRS bisa meyakinkan hakim adanya konspirasi atau rekayasa, maka ini bisa berpotensi menjadi skandal besar yang harus diungkap motif dan tujuannya secara utuh," tandas dia. (mdk/bal)

Baca juga:
BIN Sebut Pertemuan Budi Gunawan dengan Rizieq di Arab Saudi Tidak Pernah Terjadi
Sidang Pembacaan Replik JPU Terhadap Pleidoi Rizieq dkk Digelar 14 Juni
Diaz Hendropriyono Disebut Terlibat Penembakan Laskar FPI: Rizieq Makin Berisik Aja
Bertemu Tito, Rizieq Minta Denny Siregar hingga Abu Janda Dihukum Seperti Ahok
Bacakan Pleidoi, Rizieq Singgung Diaz Hendropriyono di Kasus Terbunuhnya Laskar FPI
Rizieq Syihab: Semua Kasus Saya Bagian dari Operasi Intelijen Hitam

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami