Solo Bakal Cabut KLB, Tempat Ibadah di Solo Tak Perlu Izin

Solo Bakal Cabut KLB, Tempat Ibadah di Solo Tak Perlu Izin
PERISTIWA | 2 Juni 2020 11:29 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kota Solo berencana mencabut status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19, 7 Juni mendatang. Seiring rencana tersebut berbagai persiapan untuk menuju new normal mulai dilakukan. Tak terkecuali tatanan baru untuk beribadah.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengatakan, penerapan new normal di tempat ibadah tidak perlu mengajukan izin. Baik izin ke kantor kelurahan maupun kecamatan. Namun pengurus tempat ibadah tetap harus menaati protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

"Untuk tempat ibadah yang akan diaktifkan lagi, masyarakat tidak perlu mengajukan perizinan. Tetapi, wajib mematuhi semua protokol kesehatan yang sudah ditetapkan," ujar Rudy, Selasa (2/6).

Menurut Rudy, masyarakat selama ini sudah paham dengan protokol kesehatan yang dimaksudkan. Diantaranya mengenakan masker, menjaga jarak, cuci tangan, tidak bersalaman dan lainnya. Selain itu, dikatakannya, pengurus tempat ibadah harus bertanggungjawab serta melakukan pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan.

Sehingga jika ada pelanggaran protokol kesehatan di tempat ibadah, pengurus yang juga harus memberikan teguran. Setelah selesai melakukan ibadah, lanjut Rudy, masyarakat harus segera pulang dan tidak berkumpul atau berkerumun.

"Harapan kita new normal di tempat ibadah bisa berjalan baik. Pengurus tempat ibadah harus memperhatikan kapasitas tempat ibadah agar tidak berkerumun," katanya.

Rudy menambahkan, pengurus tempat ibadah juga harus bisa menyusun jadwal pelaksanaan ibadah dengan baik. Diantaranya dengan memanfaatkan halaman tempat ibadah untuk menambah kapasitas.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo, Musta'in Ahmad menyampaikan, pengelola rumah ibadah wajib mengikuti persyaratan yang ditentukan, khususnya terkait penerapan protokol kesehatan. New normal tempat ibadah di Solo, kata dia, akan diterapkan setelah KLB Covid-19 dicabut, 7 Juni nanti.

"Kemenag Solo sudah mengecek sebagian tempat ibadah, mereka sudah menyiapkan protokol kesehatan yang ditentukan. Jadi saat KLB dicabut nanti semua tempat ibadah sudah siap," pungkas Musta'in. (mdk/eko)

Baca juga:
Jelang PSBB Jakarta Berakhir, Muncul Wacana Pembatasan Lokal
Pemerintah Diminta Pisahkan RS Covid-19 dengan Penyakit Lain Saat New Normal
IDI Sarankan RS Lakukan Mapping Kemampuan Faskes Saat New Normal
Jokowi Pastikan Pembukaan Rumah Ibadah & Sekolah saat New Normal Lewat Tahapan Ketat
Pemerintah Putuskan Tiadakan Haji Tahun 2020
Direksi Hingga Karyawan Jasindo Galang Dana Rp1,6 Miliar Bantu Tangani Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5