Sore Ini Jokowi Panggil Kapolri Tagih Laporan Penyelidikan Kasus Novel

PERISTIWA | 9 Desember 2019 10:27 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo memanggil Kapolri Jenderal Idham Azis sore hari ini untuk menagih hasil penyelidikan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan. Pertemuan akan dilakukan tertutup di Istana Merdeka, Jakarta.

"Sore nanti," singkat Jokowi di SMK Negeri 57 Jakarta, Senin (9/12).

Tenggat waktu pengusutan kasus Novel berakhir pada awal Desember 2019. Setelah sebelumnya Jokowi memberi tambahan waktu sebanyak dua kali sejak 2017 lalu.

1 dari 1 halaman

Sementara itu, KPK menunggu laporan kepolisian terkait pengungkapan kasus Novel. Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang berharap Kabareskrim Polri, Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo segera melaporkan perkembangan kasus tersebut.

"Iya, kita masih menunggu (perkembangannya). Kemarin saya sudah jelaskan apapun hasilnya harus dilaporkan apa ada kemajuan (ke KPK)," kata Saut di kawasan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (8/12).

Saut berjanji akan mempublikasikan perkembangan kasus Novel kepada publik setelah mendapatkan laporan dari Irjen Pol Listyo.

"Pasti dipublikasikan. Karena kalau penyidikan kan publik harus tahu dan karena KPK kan berada di tim itu. Di kita ada tim yang mengikuti perkembangannya," ucapnya.

Saut khawatir bila pengusutan kasus Novel tak mengalami kemajuan menimbulkan spekulasi beragam dari publik.

"Tentu orang akan punya pandangan macam-macam tentang itu. Kita tidak mau lagi-lagi yang dipengaruhi persepsi rendah, ya kita dinilai sebagai negara yang tidak serius memberantas korupsi," ujarnya. (mdk/bal)

Baca juga:
Novel Baswedan Harap Kabareskrim Berani Ungkap Orang Besar di Balik Kasusnya
KPK Tunggu Laporan Kabareskrim Soal Perkembangan Kasus Novel
Pesan KPK ke Kabareskrim Irjen Listyo Sigit: Titip Kasus Novel
Kasus Novel Jadi Tantangan Irjen Listyo Sigit Selamatkan Wajah Jokowi dan Polri
Pekan Depan, Jokowi Panggil Kapolri Tanya Kasus Novel Baswedan
Bela Kepolisian, Gerindra Yakin Kasus Novel Dapat Terungkap pada Saatnya

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.