Sosok di Balik Pidato Soekarno yang Mengguncang Dunia

Sosok di Balik Pidato Soekarno yang Mengguncang Dunia
Soekarno. ©2016 Merdeka.com
NEWS | 12 Oktober 2021 13:57 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Indonesia saat dipimpin Presiden Soekarno menjadi negara pelopor kemerdekaan bagi negara-negara kecil yang dijajah. Sosok Soekarno begitu disegani dunia internasional.

Semua itu terangkum dalam isi pidatonya di sidang umum PBB di New York tahun 1960. Pidato berjudul "To Build The Word A New" sangat ditakuti oleh Perdana Menteri Australia Robert Menzies.

Ketakutannya karena isi dari pidato tersebut menyinggung tentang kepemimpinan dunia masih memegang teguh imperialisme dan kolonialisme.

"Dia sangat takut, karena proposal struktur reformasi di dalam PBB terlalu radikal," ujar Sejarawan Adrian Vickers dalam diskusi virtual, Senin (12/10).

Struktur kekuasaan PBB masih dipegang oleh negara besar bagian barat seperti Amerika dan Inggris. Lalu untuk pembebasan negara baru, pembentukan PBB harus segera diubah.

Bung Karno mengusulkan ideologi Pancasila untuk mengubah struktur PBB yang ada berlandaskan Ketuhanan, Kemanusiaan, Nasionalisme, hingga musyawarah.

Di balik pidato Bung Karno yang mengguncang dunia terdapat sisi menarik. Translator bahasa Inggris dimiliki Bung Karno di ternyata berasal dari Australia bernama Molly Bondan.

"Walaupun pihak Australia tidak senang dengan pidatonya," ungkap Adrian.

Molly Bondan memiliki nama asli Molly Warner. Menikah dengan warga negara Indonesia Muhammad Bondan di Brisbane, Australia, ketika berkampanye dengan warga Australia untuk mendukung kemerdekaan Indonesia.

Molly bekerja di Departemen Luar Negeri periode 1961-1965. Molly banyak menulis teks pidato berbahasa Inggris untuk Presiden Soekarno. Salah satunya teks pidato untuk sidang umum di PBB.

Reporter Magang: Fikri Nur Fauzi (mdk/did)

Baca juga:
Adu Pidato Aidit - Sukarno
Cerita Jenderal AH Nasution Berani Tinggalkan Rapat dengan Soekarno Demi Salat
Said Aqil Harap Patung Bung Karno Beri Kontribusi Positif untuk Pembangunan Semarang
Resmikan Patung Bung Karno, Megawati Ajak Rakyat Ingat Jasa Para Pahlawan
PDIP Gelar Peringatan Pidato Bung Karno 'To Build The World A New' di Markas PBB
Megawati akan Resmikan Patung Bung Karno di Semarang


TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami