Sosok Komjen Idham Azis di Mata Sang Anak: Disiplin Terhadap Aturan

Sosok Komjen Idham Azis di Mata Sang Anak: Disiplin Terhadap Aturan
PERISTIWA | 30 Oktober 2019 12:28 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Komjen Idham Azis bakal segera menjalani fit and proper test sebagai calon Kapolri di DPR hari ini. Sebelum menguji, Komisi III DPR bertandang ke rumah Idham Aziz untuk mengecek rekam jejak Kabareskrim tersebut.

Di mata anak Idham Azis, Ilham Urane Azis, sang ayah adalah sosok yang disiplin terhadap aturan meskipun dalam keluarga.

"Saya menanamkan sekali kepada saya mengenai hal-hal yang prinsip, sepeti yang pertama adalah kedisiplinan, ayah saya adalah orang yang sangat disiplin, menerapkan aturan-aturan seperti kerapihan dan aturan lainnya," kata Ilham di Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Kedisiplinan itu juga dirasakan adik-adik Ilham yakni Irfan Urane Azis, Firda Athira Azis dan Pandu Urane Azis. Dia mencontohkan, sikap disiplin Idham di keluarga yaitu melarang anak-anaknya mengemudikan kendaraan jika tidak memiliki SIM.

"Kedua, contoh nyata dalam kehidupan saya selama saya sampai sebelum umur 17 tahun. Saya betul-betul dilarang untuk mengendarai kendaraan sama sekali, begitu saya berumur 17 tahun dan memiliki KTP, saya baru mulai diberikan pelajaran untuk mengemudi dan setelah saya memiliki SIM disaat itu lah saya baru boleh mengendarai kendaraan," ungkapnya.

"Selama saya belum memiliki SIM, saya sama sekali tidak boleh membawa kendaraan. Itu adalah bentuk implementasi bapak (Idham) yang menegakkan aturan hukum bahkan di keluarga," sambungnya.

Bukan hanya soal kedisiplinan, Idham juga ingin agar anak-anaknya itu selalu mengutamakan istrinya atau ibu dari keempat orang anaknya tersebut.

"Kemudian yang ayah tanamkan ke saya adalah bahwa selalu mengutamakan ibu untuk selalu mengutamakan ibu, hal-hal tersebut untuk yang saya lihat dari ayah saya sebagai sesuatu yang menonjol dari ayah saya adalah yang memegang teguh terhadap prinsip," tutup Ilham yang merupakan Taruna Akpol tingkat III. (mdk/ray)

Baca juga:
DPR Kebut Pemilihan Kapolri Karena Komjen Ari Dono Mau Pensiun Desember
Demokrat Ingatkan Calon Kapolri Idham Aziz Jamin Netralitas Anggota di Pilkada 2020
Cek Rekam Jejak Calon Kapolri, Komisi III Tiba di Rumah Idham Azis
DPR Kebut Proses Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Kapolri Hari Ini
DPR Bakal Cecar Idham Azis Soal HAM Saat Fit and Proper Test

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5