Speedboat Tenggelam di Perairan Balikpapan, 23 Orang sempat Terombang Ambing

Speedboat Tenggelam di Perairan Balikpapan, 23 Orang sempat Terombang Ambing
Korban speedboat tenggelam. Istimewa
PERISTIWA | 3 Maret 2021 10:43 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Speedboat terombang ambing dan tenggelam di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (2/3) malam. 23 orang yang sempat terombang ambing hingga akhirnya berhasil diselamatkan. Dari jumlah tersebut, 20 orang adalah warga negara Ukraina.

Penyebab speedboat tenggelam karena mesin mati di saat cuaca ekstrem. Kemudian air memenuhi perahu cepat dan membuatnya tenggelam.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 22.00 WITA. Basarnas kantor SAR Balikpapan menerima kabar awak kapal MV Manalagi Yasa, awalnya melihat 10 orang terombang ambing berteriak meminta tolong di laut teluk Balikpapan.

"Speedboat itu memuat kru kapal MV Eurydiki. Diestimasi dari awal laporan, ada 23 orang korban terombang ambing di laut. Sebagian diselamatkan MV Manalagi Yasa," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta, Rabu (3/3).

Tim SAR gabungan antara lain Basarnas dan TNI AL, bergerak ke lokasi perairan dilaporkan. Diketahui MV Manalagi Yasa menyelamatkan 12 orang, dan Tugboat Mulia 7 menyelamatkan 11 orang. "Total 23 orang," ujar Melkianus.

Kasi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Octavianto menjelaskan, tim SAR gabungan yang bergerak ke lokasi, berhasil mengevakuasi sebagian korban, dan membawa ke Pelabuhan Semayang di Balikpapan.

"Tiba di Pelabuhan Semayang jam 4 pagi ini tadi, dan menjalani skrining kesehatan, dan Imigrasi Balikpapan. Masih ada lagi korban lainnya di MV Manalagi Yasa, karena sempat terkendala cuaca buruk di perairan," ungkap Octavianto.

Pagi ini tim bergerak ke MV Manalagi Yasa, menjemput 14 orang korban lainnya yang dikabarkan ada di MV Manalagi Yasa itu. "Kita akan inventarisir ulang berapa semua korban. Dari 23 orang, 20 WNA Ukraina, dan 3 orang WNI adalah motoris dari speedboat," tambah Octavianto. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami