Sponsori Ratna ke Chile, Pemprov DKI kasih Rp 70 juta secara tunai

PERISTIWA | 5 Oktober 2018 11:40 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudaya DKI Jakarta, Asiantoro menyatakan Ratna Sarumpaet menerima uang sponsor menghadiri konferensi internasional di Chile secara tunai. Total dana yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 70 juta.

"Yang jelas dia dikasih uang cash. Disparbud menolong pendaftaran sana, kita konfirmaasiin kapan harus kesana," kata Asiantoro saat dihubungi di Jakarta, Jumat (5/10).

Dia menjelaskan besaran biaya yang diterima Ratna berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1066 Tahun 2018 tentang ada standar biaya perjalanan dinas dalam dan luar negeri.

Kepgub tersebut ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 18 Juli 2018.

"Perhari udah ada ketentuannya di DKI ke negara mana, tergantung negaranya, uang tiket juga tergantung itu," ucapnya.

Sementara itu, Asiantoro menyatakan bukan hanya Ratna saja yang disponsori Pemprov DKI Jakarta untuk ikut serta dalam kegiatan Internasional di 2018.

"Ada Mohammad Ribhul Azeem mahasiswa mengikuti The Asian Undergraduate Research Symposium 2018 di Jepang, Franki Raden mengikuti Festival World Music The 17th Jeonju International Sori Festival di Korea," jelasnya.

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet ditangkap polisi di Bandara Soekarno Hatta ketika hendak bertolak ke Chile. Dari situ Ratna kemudian mengaku keberangkatannya disponsori oleh Pemprov DKI.

Reporter: Ika Defianti
Sumber : Liputan6.com (mdk/rhm)

Baca juga:
Begini kondisi rumah Ratna Sarumpaet
Tepatkah Ratna Sarumpaet dijerat UU ITE atas kebohongannya?
MKD akan proses pelaporan Fadli Zon dan Fahri Hamzah terkait hoaks Ratna Sarumpaet
Sandiaga ogah komentari lagi kasus Ratna Sarumpaet, anggap sudah selesai
Ratna dibiayai ke Chile, Anies anggap normal danai seniman ke luar negeri
Sandiaga siap diperiksa polisi terkait kasus kebohongan penganiayaan Ratna Sarumpaet

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.