Staf Ahli Menkominfo Sebut Pesan Influencer Lebih Didengar Publik

Staf Ahli Menkominfo Sebut Pesan Influencer Lebih Didengar Publik
Raffi Ahmad. Instagram @raffinagita1717 ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 5 September 2020 21:01 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap memanfaatkan influencer sebagai penyambung pesan terkait program pemerintah kepada khalayak. Sebab, di era digital seperti saat ini, pesan yang disampaikan influencer dinilai lebih mengena oleh publik.

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Henri Subiakto mengatakan influencer sudah digunakan untuk penyambung pesan ke masyarakat sebelum media sosial berjamuran seperti saat ini. Yakni, oleh para tokoh masyarakat setempat.

Ia menilai, justru terasa aneh jika pemerintah malah tidak menggunakan platform digital sebagai media sosialisasi. Pun, tidak tepat penilaian bahwa menggunakan influencer, komunikasi publik yang dimiliki pemerintah lemah.

"Di masyarakat itu kan ada masyarakat yang aktif yang pasif, mereka yang status sosial tinggi, biasa punya jaringan hubungan banyak, lebih produktif dan biasanya menjadi rujukan masyarakat yang pasif, makanya muncul opinion leader," ujar Henri, dalam diskusi "Influencer dan Pemerintahan Jokowi," kata Henri, Sabtu (5/9).

Ia menegaskan, era digital memudahkan semua individu berkomunikasi dan menjadi penyampai pesan. Terlebih, tokoh publik yang mempunyai pengikut hingga jutaan bahkan, puluhan juta.

"Mereka yang punya pengikut jutaan itu aset negara, mereka masyarakat juga," katanya.

Henry mengambil contoh Raffi Ahmad yang mempunyai pengikut capai 44 juta. Jumlah itu lebih besar ketimbang misalnya media surat kabar yang mendapatkan pelanggan hingga dua juta orang saja sudah kewalahan.

Di samping itu, ia memastikan influencer berbeda dengan buzzer. Buzzer hanya mengikuti arahan si pemberi kerja. Sedangkan, influencer mempunyai rekam jejak,pengikut yang jelas. Sehingga, mereka lebih mempunyai tanggung jawab moral.

Baca Selanjutnya: Tenaga Ahli Utama Kantor Staf...

Halaman

(mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami