Status Gunung Kerinci Tetap Waspada Usai Erupsi

PERISTIWA | 31 Juli 2019 18:07 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Kendati sempat erupsi dengan tinggi kolom abu 800 meter pada pukul 12.48 WIB, status aktivitas vulkanik Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi masih tetap pada level dua atau waspada.

"Ada erupsi pada siang tadi, pukul 12.48 WIB, namun status Kerinci masih level II atau waspada," kata Kepala Bidang Mitigasi Bencana Gunung Api PVMBG Badan Geologi Hendra Gunawan saat dihubungi dari Jambi, Rabu (31/7).

Dia menjelaskan fenomena erupsi Gunung Kerinci selalu ada setiap tahun, sedangkan pihaknya mengeluarkan rekomendasi agar warga dan pengunjung tidak mendekat dalam radius tiga kilometer dari kawah aktif.

Pihaknya meminta masyarakat tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak jelas sumbernya.

Dia mengimbau masyarakat selalu berkoordinasi dengan Posko Pengamatan Gunung Api Kerinci, BPBD, atau institusi berwenang lainnya terkait dengan informasi perkembangan aktivitas vulkanik gunung tersebut.

Gunung api tertinggi di Sumatera tersebut berstatus level II atau waspada sejak 9 September 2007. Setiap tahun, gunung itu sering erupsi, sehingga telah dianggap fenomena biasa oleh warga Kerinci.

Baca juga:

Gunung Kerinci Erupsi, Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Pemda Tutup Sementara Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Parahu

Penampakan Erupsi Mengerikan Gunung Sinabung

Dahsyatnya Letusan Gunung Stromboli di Italia

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Masyarakat Bandung Diimbau Waspada

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Petugas Fokus Evakuasi

Tinggi Kolom Abu Vulkanik Gunung Tangkuban Parahu Capai 200 Meter

(mdk/gil)