Status Tanggap Darurat Covid-19 di Yogya Diperpanjang Sampai 30 Juni

Status Tanggap Darurat Covid-19 di Yogya Diperpanjang Sampai 30 Juni
PERISTIWA | 28 Mei 2020 10:05 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memperpanjang status tanggap darurat Covid-19 sampai 30 Juni 2020. Keputusan ini berdasarkan laporan perkembangan penanggulangan corona (Covid-19) di lima kabupaten kota.

"Yang mendasari keputusan tersebut adalah kondisi kesehatan masyarakat," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji di Ndalem Ageng, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (27/5).

Ia menuturkan, saat ini, penularan Corona Covid-19 masih terjadi, walaupun dalam dua hari terakhir, DI Yogyakarta tidak memiliki penambahan kasus positif. Pemantauan masih akan dilakukan untuk menjadi dasar regulasi penetapan kondisi DI Yogyakarta.

Menurut Aji, selain kondisi kesehatan, pertimbangan sosial ekonomi kabupaten dan kota juga menjadi indikator penetapan status kondisi DI Yogyakarta.

Ia mengungkapkan perpanjangan status tanggap darurat ini juga menjadi cara mempersiapkan diri jika suatu ketika pemerintah pusat menerapkan kebijakan new normal atau normal baru.

"Jika sistem itu harus diterapkan, masyarakat sudah siap menjalankan dan tidak menimbulkan masalah baru," ucapnya.

Meskipun demikian, jika new normal dijalankan saat ini, DI Yogyakarta belum siap. Aji memperkirakan paling cepat new normal di DI Yogyakarta baru bisa diterapkan pada Juli mendatang dengan memperhatikan hasil evaluasi akhir tanggap darurat.

Ia menilai new normal bisa dilakukan di DI Yogyakarta jika kemungkinan penularan Corona Covid-19 sudah bisa dibatasi. Dikutip dari Liputan6.com. (mdk/cob)

Baca juga:
Gerindra DKI: Tanpa Dukungan Semua Lini, New Normal akan Menjadi New Nestapa
Video Wawancara Khofifah: Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal
Pandangan Udara Kuburan Massal Korban Virus Corona di Brazil
Jakarta Menuju Kenormalan Baru
Puluhan Karyawan PT TCI di Kutai Timur Dikarantina, Dua Orang Reaktif Covid-19
Puluhan Kendaraan Diputar Balik di Gerbang Tol Cikupa Menuju Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5