Suasana Kediaman Jokowi di Solo Saat Pelantikan Presiden

PERISTIWA | 20 Oktober 2019 17:47 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Hari ini Joko Widodo (Jokowi) dilantik sebagai Presiden di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Sementara itu, suasana lengang terlihat di sekitar kediaman pribadi Jokowi di Solo. Tidak terlihat karangan bunga ucapan selamat di kediaman Sumber maupun di depan gedung Graha Saba, Jalan Letjen Suprapto.

Padahal di depan gedung tersebut, beberapa waktu lalu terdapat puluhan karangan bunga usai hasil hitung cepat Pilpres diumumkan. Saat itu, Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin berhasil mengungguli pasangan Prabowo-Sandi.

Pantauan di sekitar kediaman Jokowi hingga pukul 15.00 WIB, hanya ada satu karangan bunga ucapan selamat. Karangan bunga tersebut tertulis atas nama Heru Purwonto, Asisten KaBin Jakarta. Ucapan selamat juga disampaikan dalam baliho besar yang di pasang di seberang jalan masuk kediaman Jokowi tersebut mengatasnamakan Kantor Jasa Penilaian Publik (KJJP).

Anggota Polresta Surakarta dan Kodim 0735/Surakarta terlihat mondar-mandir berpatroli bersama menggunakan kendaraan roda dua. Pengamanan kawasan VVIP ini juga tidak tampak adanya pengetatan sama sekali. Bahkan Pospam juga terlihat kosong. Hampir seluruh keluarga inti Jokowi memang berangkat ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan.

"Semua sudah berangkat ke Jakarta, saya besok pagi. Istri saya di rumah sama Jan Ethes, karena perutnya sudah besar," ujar Gibran Rakabuming Raka, pada kesempatan sebelumnya.

Kondisi tersebut berbeda jauh saat Jokowi-Jusuf Kalla dilantik menjadi presiden dan wakil presiden 2014-2019 lalu. Saat itu keluarga Jokowi menggelar syukuran potong tumpeng dan pengajian bersama anak yatim piatu.

"Sejak Sabtu kemarin suasana di rumah beliau memang sepi. Hari ini juga sepi, tidak ada syukuran atau pengajian," ujar warga setempat, Sumidi (60).

Sementara itu puluhan relawan pendukung Jokowi yang tergabung dalam Kami Bersama Jokowi menggelar acara syukuran di Plasa Manahan. Kegiatan diramaikan aksi cukur gundul, pelepasan 2 ribu burung, flashmob, pembagian bunga, tumpengan dan gelar pakaian adat nusantara.

"Tadi ada sekitar 25 orang yang ikut cukur gundul. Dulu tahun 2014 saya juga ikut. Ini sebagai ungkapan syukur saya karena Pak Jokowi kembali memimpin bangsa Indonesia," ucap salah satu relawan Marjono (49).

Baca juga:
Usai Pelantikan Jokowi, Ini Harapan Gibran dan Kaesang
Usai Dilantik Jokowi Langsung Tancap Gas, Umumkan Kabinet Besok Pagi
Cantiknya Iriana Jokowi 5 Tahun Lalu dan Sekarang Saat Pelantikan Presiden
Relawan Jokowi-Ma'ruf Gelar Nonton Bareng Pelantikan Presiden
Megawati dan SBY Datang Beriringan Tapi Tak Foto Bersama

(mdk/cob)