Sudah 40 Hari Wafat, Pengganti KGPAA Mangkunegara IX Belum Ada

Sudah 40 Hari Wafat, Pengganti KGPAA Mangkunegara IX Belum Ada
Tahlilan 40 hari Mangkunegara IX. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 21 September 2021 10:12 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Senin (20/9) genap 40 hari penguasa Pura Mangkunegaran, KGPAA (Kanjeng Gusti Adipati Arya) Mangkunegara IX meninggal dunia. Peringatan dilakukan dengan pembacaan tahlil di Pringgitan serta pendapa utama.

Sejumlah tokoh dan kerabat hadir, di antaranya, mantan istri mendiang Mangkunegara IX, Sukmawati Soekarnoputri, politikus senior Golkar Akbar Tandjung, Nina Akbar Tandjung, Titiek Soeharto dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Jamal Wiwoho.

Empat orang putra Mangkunegara IX juga tampak hadir. Dua di antaranya ialah kandidat penerus tahta Pura Mangkunegaran, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Acara tahlil berlangsung secara khusyuk sekitar satu jam. Usai acara pukul 20.00 WIB, dilanjutkan dengan makan malam dan penutup.

Wedhono Satrio Puro Mangkunegaran, KRMT Lilik Priharso Tirto Diningrat mengatakan peringatan 40 hari merupakan bagian dari tradisi Jawa. Setelah 40 hari, peringatan akan dilakukan pada 100 hari, satu tahun atau pendak pisan, dua tahun atau pendak pindo dan 1.000 hari.

"Peringatannya nanti sampai 1.000 hari. Besok kita lanjutkan ziarah," katanya.

Terkait suksesi, atau pengganti KGPAA Mangkunegaran IX yang wafat 13 Agustus lalu, Lilik enggan menanggapi. Menurutnya, hal tersebut menjadi urusan internal keuarga Mangkunegara IX.

"Soal itu jangan dibicarakan sekarang. Kita fokus peringatan 40 hari dulu. Setelah 100 hari silahkan saja bertanya," katanya.

KGPAA Mangkunegara IX tutup usia karena serangan jantung pada Jumat (13/8) di rumah pribadinya Jakarta. Sejauh ini ada dua kandidat dalam suksesi KGPAA Mangkunegara IX. Keduanya adalah GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara yang merupakan putra pertama Mangkunegara IX dengan Sukmawati Soekarnoputri dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, anak Mangkunegara IX dengan istri kedua. (mdk/bal)

Baca juga:
Ratusan Pelayat Iringi Pemakaman Mangkunegara IX
Ada Hari Pantangan, Jenazah KGPAA Mangkunegara IX Baru Dimakamkan Besok
Polisi Siapkan Skenario Antisipasi Kerumunan Saat Pemakaman Raja Mangkunegara IX
Jenazah Mangkunegara IX akan Dimakamkan dengan Penerapan Protokol Kesehatan
Mangkunegoro IX Dimakamkan di Astana Girilayu Karanganyar Sesuai Protokol Kesehatan
Menag Berduka Cita Atas Wafatnya Raja Mengkunegara Solo

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami