Sudah Satu Tahun Tunjangan Gaji Nonsertifiaksi di Sulbar Belum Dibayar

Sudah Satu Tahun Tunjangan Gaji Nonsertifiaksi di Sulbar Belum Dibayar
PERISTIWA | 16 November 2020 07:31 Reporter : Ahmad Udin

Merdeka.com - Tunjangan gaji guru nonsertifiaksi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sudah satu tahun belum dibayarkan. Kondisi ini, memaksa guru-guru nonsertifikasi harus bertahan hidup di tengah pandemi.

Salah seorang dari guru SMK 6 Majene yang tidak mau disebut namanya, mengakui di sekolahnya tunjangan gaji nonsertifikasi sudah satu tahun belum terbayarkan tanpa ada alasan yang pasti dari pemerintah. Padahal kalau dilihat selama ini, tunjangan guru nonsertifikasi bagi SMP dibawa naungan kabupaten boleh dibilang lancar dibayarkan per triwulan.

"Kami tidak tahu alasan apa dari pihak yang berwenang. Tunjangan guru nonsertifikasi bagi guru SMK dan SMA sudah setahun belum cair-cair, padahal tunjangannya untuk guru SMP terbilang pencairannya per triwulan lancar. Apa bedanya dengan kami?" tanyanya, Minggu (15/11).

Dikonfirmasi kepada Kabid pendidikan tenaga pendidikan (PTP) Provinsi Sulbar, Haludin mengaku bahwa tunjangan guru nonsertifikasi bagi guru-guru SMK dan sederajat memang belum dibayarkan. Ada sekitar kurang lebih 300 guru nonsertifikasi di Sulbar, sampai saat ini belum dibayarkan sejak tahun 2019 hingga 2020. Halaudin beralasan belum dibayarkan karena anggaran dari pusat sama sekali tidak ada yang masuk.

"Memang belum dibayarkan dan ini sudah lama sejak tahun 2019, karena anggarannya sama sekali kosong tidak ada transferan dari pusat, boleh cek di keuangan," kata Haludin.

Terkait hal ini, lanjut Kabid PTP, pihaknya sudah menyurat ke Direktorat Kementerian Pendidikan di pusat. "Kami juga mau buat apa, dan kami sudah melakukan upaya dengan menyurat ke Direktorat Kementerian pendidikan di Jakarta," jelasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Pemprov Jabar Belum Bayar Gaji Guru Bantu di Garut Selama 11 Bulan
Perjuangan Guru Honorer di Pelosok Jombang saat Berangkat Kerja, Lewati Jalan Lumpur
Menag Usulkan 864 Ribu Guru Non PNS Terima Bantuan Subsidi Gaji
Keliling ke Rumah Siswa, Kisah Perjuangan Guru Honorer di Perbatasan Jateng-Jatim
Kisah Guru Honorer Sambi Pemulung Sampah, Demi Mengabdi dan Cukupi Kehidupan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami