Sudah Sewa Pesawat Garuda, Jokowi Batal ke AS Karena Corona

Sudah Sewa Pesawat Garuda, Jokowi Batal ke AS Karena Corona
PERISTIWA | 29 Februari 2020 09:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Luar Negeri RI mengkonfirmasi bahwa Amerika Serikat menunda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-US yang rencananya digelar di Las Vegas, Maret 2020. Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebelumnya dijadwalkan hadir ke acara tersebut.

"Ibu Menlu (Menteri Luar Negeri) sudah dilaporkan oleh Wakil Dubes RI di DC, informasi resmi yang disampaikan pihak AS atas penundaan KTT tersebut," ujar Plt Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah saat dikonfirmasi, Sabtu (29/2).

Menurut dia, penundaan KTT tersebut dikarenakan adanya wabah virus corona. Virus asal Wuhan, China itu diketahui telah menyebar ke sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat.

"Sebagaimana yang diungkap di media, (penundaan KTT), terkait upaya AS menangani masalah Covid-19 (corona)," ucap Faizasyah.

KTT ASEAN-US, adalah pertemuan antar pemimpin negara Asia Tenggara dan akan AS menjadi tuan rumahnya. Presiden Jokowi adalah salah satu pemimpin negara yang rencananya hadir dalam acara tersebut.

1 dari 1 halaman

Bahkan, pihak Istana sudah menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk kunjungan Jokowi ke negeri Paman Sam itu. Pesawat berbadan lebar tipe Boeing 777-300ER itu disewa karena lebih menghemat anggaran dan efisiensi waktu.

Dengan menggunakan pesawat ini, perjalanan menuju Las Vegas, Amerika Serikat hanya ditempuh dengan waktu 14 jam. Bukan hanya itu, Jokowi dan rombongan juga hanya perlu transit satu kali saja.

"Waktu tempuh maksimal penerbangan dari Boeing 777-300ER adalah 14 jam sehingga penerbangan dari Jakarta ke Las Vegas, lokasi KTT berlangsung, dengan pesawat berbadan lebar ini dapat ditempuh hanya dengan satu kali transit," jelas Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jumat (28/2).

Sementara jika menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 tipe Boeing 737-800 yang selama ini digunakan Jokowi, jarak tempuh ke Amerika bisa mencapai dua hari sebab harus tiga kali transit. Dengan hanya sekali transit, maka nantinya bisa dipilih negara transit yang aman dari virus corona.

"Manfaat lainnya dengan waktu maksimal penerbangan di atas 12 jam adalah tempat transit dapat dipilih negara yang aman dari penyebaran virus corona," kata Heru dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Selain efisiensi waktu, Heru menuturkan pesawat Garuda disewa karena dapat menghemat anggaran. Sebab, pesawat ini dapat mengangkut menteri yang akan mendampingi Jokowi selama kunjungan ke AS.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com (mdk/rnd)

Baca juga:
Jokowi Tawarkan Tony Blair Jadi Penasihat Pemindahan Ibu Kota
Presiden Jokowi Minta Warga Lapor Pajak Tepat Waktu
Sewa Pesawat Garuda Boeing 737-300ER, Jarak Tempuh Jokowi ke AS Lebih Cepat
Bertemu Jokowi, Tony Blair dan Masayoshi Son Bahas Ibu Kota Baru RI
Menelisik Pesawat Baru Kepresidenan Jenis Apa yang akan Disewa Jokowi?
Jokowi Sebut Microsoft, Amazon dan Alibaba Tertarik Bangun Pusat Data di Indonesia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami