Sumsel Diselimuti Kabut Asap, Herman Deru Batal Kunker ke Korsel & Rumania

PERISTIWA | 16 September 2019 16:49 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membatalkan kunjungan kerja ke Korea Selatan dan Rumania yang dijadwalkan dalam waktu dekat. Dia mengaku ingin fokus menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya.

Deru mengatakan, kunjungan di dua negara itu untuk menemui Duta Besar RI dengan agenda pemaparan potensi sumber daya alam Sumsel agar menarik investor dari negara itu. Namun, dirinya lebih memilih tinggal di Sumsel hingga karhutla berakhir.

"Saya batalkan (kunjungan keluar negeri) karena kondisi kita sedang begini (kabut asap akibat karhutla)," ungkap Deru, Selasa (16/9).

Menurut dia, pembatalan kunjungan tersebut bukan karena mendapat kecaman dari masyarakat Sumsel karena kabut asap semakin pekat. Dia mengklaim hal itu sebagai bentuk tanggungjawabnya sebagai kepala daerah.

"Ini bicara tanggung jawab bukan karena ancaman," kata dia.

1 dari 1 halaman

Kepala Daerah di Sumsel Dilarang Kunker ke Luar Negero

Deru meminta seluruh kepala daerah di Bumi Sriwijaya juga melakukan hal serupa. Dia menginstruksikan tetap berada di daerah masing-masing untuk mengatasi karhutla.

"Bupati, walikota, camat hingga kepala desa harus tetap standby dan pantau sedetil mungkin fire spot di wilayahnya. Jangan meninggalkan tempat jika tidak melakukan perjalanan yang sangat prinsip. Boleh melakukan kunjungan tetapi di daerahnya saja," tegasnya.

Deru menambahkan, dirinya berencana membeli alat pemantau kabut asap untuk mengetahui secara real time kondisi di setiap daerah. Hal ini disebabkan kekurangan data informasi lantaran minimnya tim di lapangan.

"Anggarannya kita tidak tahu, kita lakukan pemaparan dulu. Kalau kita menunggu bantuan dari BNPB dan BPBD tentu anggaran terbatas. Kita lihat hasil pemaparannya, kalau bagus untuk mendukung, 2020 kita bisa gunakan," pungkasnya. (mdk/rnd)

Baca juga:
Gubernur Sumsel Sarankan Bayi Meninggal Diduga Terpapar Asap Diautopsi
Lahan Terbakar di Sumsel Hingga Hari ini Capai 3.514 Hektare
Daftar Ratusan Penerbangan Lion Air yang Batal & Delay Gara-gara Kabut Asap
Gara-Gara Asap Pekat, 2 Pesawat Berputar di Langit Palembang
Atasi Karhutla, Gubernur Sumsel Minta Tambahan Helikopter Pengebom Air
Perjuangan Petugas Berjibaku Padamkan Karhutla Pekanbaru di Kegelapan