Sumsel Waspadai Puncak Lonjakan Pasien Covid-19 Dua Pekan Lagi

Sumsel Waspadai Puncak Lonjakan Pasien Covid-19 Dua Pekan Lagi
Perawatan pasien Covid-19. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki
PERISTIWA | 20 Juni 2021 19:05 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan memprediksi bakal terjadi lonjakan pasien Covid-19. Sementara ketersediaan tempat tidur dinilai masih aman.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumsel Ferry Yanuar mengungkapkan, lonjakan pasien diperkirakan terjadi 5-7 minggu setelah lebaran. Artinya, lonjakan pasien tak bakal lama lagi terjadi, yakni paling tidak dua pekan lagi.

"Diperkirakan kasus akan terus melonjak sekitar lima hingga tujuh minggu setelah lebaran," ungkap Ferry, Minggu (20/6).

Saat ini mulai terjadi peningkatan kasus positif di Palembang dengan rata-rata harian mencapai 140 kasus dengan tingkat positivity rate mencapai 33,85 persen. Hal ini perlu diwaspadai agar penularan tidak semakin meluas.

"Kita tetap waspada, rekan-rekan di puskesmas juga harus gencar memantau masyarakat yang menjalani isolasi mandiri agar tidak menularkan ke orang sekitar," ujarnya.

Kasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Palembang Yudhi menjelaskan, Bed Occupancy Ratio (BOR) di Palembang tercatat 41,74 persen atau turun dari 59 persen setelah bertambahnya ruang isolasi di Wisma Atlet Jakabaring dan menurunnya kasus aktif.

Di wisma atlet terdapat 139 tempat tidur yang sudah terisi 44 kamar atau 46 persen keterisian dan 1.336 tempat tidur di 18 rumah sakit dengan jumlah keterisian mencapai 417 tempat tidur atau 45 persen.

"Angka BOR sudah turun karena ada penambahan tempat tidur dan berkurangnya kasus aktif," kata dia.

Pasien terpapar virus corona dapat menjalani isolasi di wisma atlet sebagai pertolongan pertama. Tempat ini dapat dinikmati oleh pasien yang mengalami gejala sesak nafas dan demam.

"Sedangkan pasien dengan gejala berat disertai komorbit akan dirawat di ICU rumah sakit karena diperlukan penanganan optimal," jelasnya. (mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami