Sumut Siapkan Langkah Terpadu Atasi Covid-19 di Medan, Binjai dan Deli Serdang

Sumut Siapkan Langkah Terpadu Atasi Covid-19 di Medan, Binjai dan Deli Serdang
PERISTIWA | 4 Agustus 2020 21:46 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Kawasan Kota Medan, Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang menjadi perhatian utama pada penanganan Covid-19 di Sumut. Jika digabungkan ketiganya merupakan penyumbang terbesar infeksi virus corona di provinsi tersebut.

Berdasarkan catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut), per 3 Agustus 2020, terdapat 4.193 kasus konfirmasi di daerah ini. Sebanyak 76% di antaranya disumbang Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang), tiga daerah yang berdekatan dan mobilitas masyarakatnya antardaerah itu cukup tinggi.

Kota Medan menyumbang 61% kasus konfirmasi Covid-19 di Sumut, Kabupaten Deli Serdang 13% dan Kota Binjai 2%. Sisanya 24% tersebar di 30 kabupaten/kota lain. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menilai diperlukan langkah terpadu agar upaya penanganan Covid-19 di tiga kota dan kabupaten ini lebih maksimal.

"Ini ada Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang, kita turun tangan di dalamnya, karena ini lebih dari satu kabupaten/kota. Langkahnya, memastikan upaya isolasi kepada pasien ringan dan sedang ke tempat-tempat yang disiapkan, membentuk tim untuk pendisiplinan masyarakat agar patuh dengan protokol kesehatan,” kata Edy dalam Rapat Evaluasi Penerapan Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang (Mebidang), di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Selasa (4/8).

Rapat dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumut Salman Alfarisi, Wali Kota Binjai HM Idaham, Wakil Bupati Deli Serdang M Yusuf Siregar dan perwakilan Pemko Medan. Serta sejumlah pihak terkait di bidang kesehatan dan akademisi juga hadir di kegiatan itu.

Menurut Edy, langkah yang dibuat bukan pengambilalihan peran dan kewenangan pemerintah kabupaten/kota. GTPP Covid-19 Sumut ikut berperan aktif di kawasan Mebidang tersebut dalam menghadapi pandemi ini atau mengoordinasi ketiganya agar lebih terpadu. Fokusnya lebih kepada proses penanganan Covid-19 di tiga daerah ini agar lebih maksimal.

Baca Selanjutnya: Secara teknis upaya yang dilakukan...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami