Sungai Deli Meluap, 89 Rumah Warga di Medan Terendam Banjir

Sungai Deli Meluap, 89 Rumah Warga di Medan Terendam Banjir
Banjir di Medan. BPBD Medan
NEWS | 10 Maret 2022 10:17 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Banjir merendam 89 rumah warga di Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (9/3). Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Deli setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur pada pukul 23.30 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan tiga kelurahan terdampak, yakni Sei Mati dan Aur yang terletak di Kecamatan Medan Maimun. Selanjutnya Kelurahan Beringin di Kecamatan Medan Selayang.

"Dari wilayah tersebut, sedikitnya 97 KK atau 327 jiwa terdampak atas kejadian ini," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melalui keterangan tertulis, Kamis (10/3).

Abdul menyebut, berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan ketinggian muka air saat banjir sekitar 20 sampai 50 sentimeter. Hingga kini, belum ada laporan korban jiwa maupun luka-luka.

BPBD Kota Medan telah terjun ke lokasi untuk melakukan pendataan dan kaji cepat. Selain itu, koordinasi kepada pihak terkait juga dilakukan untuk melakukan penanganan darurat.

2 dari 2 halaman

Hujan Diperkirakan Terjadi Hingga Jumat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan wilayah Sumatera Utara berpotensi hujan lebat hingga Jumat (11/3). Hujan masih dapat terjadi di wilayah lereng timur dan pegunungan pada malam hari.

Dengan adanya prakiraan cuaca ini, warga yang tinggal disekitar aliran sungai diimbau lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Salah satunya, warga dapat melakukan pengecekan sekala berkala terhadap kenaikan debit air ketika hujan deras dengan intensitas tinggi terjadi.

Warga di sepanjang aliran sungai dan sekitar lereng tebing agar bisa evakuasi sementara secara mandiri jika hujan intensitas tinggi terjadi secara menerus selama lebih dari satu jam.

Baca juga:
Delapan Rumah Rusak Akibat Banjir Bandang di Banggai Sulawesi Tengah
Jembatan Antar Desa Rusak Diterjang Banjir, 37 Kepala Keluarga di Jember Terisolasi
Pemasangan Turap Penahan Banjir di Kali Pasar Baru
Banjir Parah Landa Australia, 20 Tewas
7.275 Jiwa Terdampak Banjir di Pasuruan
Gerindra Sudah Minta Anies Agar Tak Banding soal Gugatan Pengerukan Kali
Jalur Cipanas-Puncak Banjir, Lalu Lintas Macet dan Banyak Kendaraan Mogok

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami