Sungai Kali Paruk Banyumas Meluap, 371.632 Warga Terdampak Banjir

Sungai Kali Paruk Banyumas Meluap, 371.632 Warga Terdampak Banjir
Banjir di Banyumas. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA » BANYUWANGI | 27 Januari 2021 21:43 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Sungai Kali Paruk di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah meluap. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengungkapkan bahwa hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Rabu siang menyebabkan Desa Pandansari, Kecamatan Pandansari digenangi air setinggi 30 sentimeter.

Menurut kajian risiko InaRisk, Kabupaten Banyumas memiliki tingkat risiko banjir sedang hingga tinggi. Luas wilayah bahaya banjir mencapai 25.279 Hektar. Sedangkan risiko jumlah jiwa terdampak sebanyak 371.632 yang tersebar di 25 kecamatan.

"BPBD Kabupaten Banyumas telah menurunkan personel untuk melakukan pendataan terkait kemungkinan adanya korban jiwa dan jumlah rumah warga yang terdampak," kata Raditya dalam keterangan persnya, Rabu (27/1).

Selain itu, BPBD setempat juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan evakuasi dan membersihkan lokasi terdampak banjir.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Provinsi Jawa Tengah, berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Khususnya Kabupaten Banyumas.

BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang berlangsung di beberapa wilayah hingga akhir Februari 2021.

"Masyarakat dapat memantau prakiraan cuaca melalui laman BMKG dan mengetahui risiko bahaya wilayahnya melalui laman Inarisk," ujarnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Sungai Paruk Meluap, Banyuwangi Terendam Banjir
BMKG Prediksi Sepekan Ini 28 Wilayah di Indonesia Hujan Lebat, 6 Berpotensi Banjir
Tinggi Muka Air di Posko Pantau Pasar Ikan Siaga Dua
Mancing Berujung Maut, Begini Kronologi 2 Pria di Ngawi Tewas Terseret Arus Sungai
Banjir Rendam Kebayoran Baru
Perubahan Iklim dan Ekologis Dinilai Jadi Salah Satu Penyebab Bencana di Indonesia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami