Surabaya Dapat Bantuan Mesin PCR untuk Percepat Proses Deteksi Covid-19

Surabaya Dapat Bantuan Mesin PCR untuk Percepat Proses Deteksi Covid-19
PERISTIWA » MALANG | 7 Juli 2020 00:50 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapat bantuan dari PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) berupa satu set mesin berteknologi reaksi rantai polimerase atau PCR beserta seluruh kelengkapannya untuk mempercepat proses deteksi warga yang diduga terpapar virus COVID-19, Jumat (3/7).

Risma menuturkan bantuan ini dapat mempercepat pemeriksaan sampel usap (swab test) terhadap masyarakat yang diduga terpapar COVID-19. Risma menambahkan, saat ini banyak warga yang terpaksa menjalani isolasi selama satu minggu, atau lebih, setelah dinyatakan reaktif COVID-19 melalui pemeriksaan cepat atau rapid test.

"Waktu isolasi yang lama disebabkan banyaknya antrean sampel usap karena Pemerintah Kota Surabaya memiliki keterbatasan mesin PCR beserta kelengkapannya. Maka itu, saya berterima kasih kepada Sampoerna, yang sudah memberikan banyak bantuan kepada kami di Surabaya. Mudah-mudahan, peralatan ini bisa langsung kita gunakan. Kami memang menunggu (peralatan ini)," kata Risma, Senin (6/7).

Seusai serah terima bantuan, mesin PCR tersebut langsung dibawa ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jalan Gayungsari, Surabaya untuk segera dipasang. "Bahkan, kalau bisa digunakan malam ini, kami akan langsung gunakan," tambah Risma.

Risma mengutarakan Pemkot Surabaya kesulitan untuk mendapatkan berbagai alat pemeriksaan COVID-19. Ia berharap, dengan adanya bantuan dari Sampoerna, warga Surabaya yang sesungguhnya tidak terpapar COVID-19 dapat segera beraktivitas kembali untuk mencari nafkah.

Sementara itu, Direktur Sampoerna Elvira Lianita menegaskan bantuan tersebut merupakan tidak lanjut atas komitmen perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat penanganan COVID-19 sehingga nantinya dapat menekan dan menghentikan penyebarannya.

"Kami berharap dengan penambahan mesin PCR dari Sampoerna, Pemerintah Kota dapat menambah kapasitas pengujian sampel COVID-19 kepada masyarakat Surabaya," ujar Elvira.

Elvira menambahkan, Sampoerna juga berencana untuk memberikan bantuan mesin PCR beserta kelengkapannya kepada masyarakat di Jawa Timur, Jawa Barat, Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, dan Kabupaten Karawang. Selain itu, Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya sebagai salah satu tempat pengujian COVID-19 berbasis PCR juga akan menerima bantuan yang sama. Secara total, Sampoerna akan menyerahkan 7 mesin PCR beserta kelengkapannya dalam waktu dekat.

"Kami telah menjadwalkan penyerahan bantuan mesin tersebut yang tentunya akan disampaikan melalui Kepala Daerah setempat dan yang terdekat adalah Jawa Timur. Hal ini merupakan wujud nyata dari komitmen Sampoerna untuk terus berpartisipasi aktif dalam menurunkan dan menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia," tutup Elvira. (mdk/ded)

Baca juga:
Klaster Covid-19 di Pabrik Unilever, Ridwan Kamil Minta Semua Pabrik Gelar Tes Masif
23.092 Peserta Bakal Ikuti UTBK di Undip, Protokol Kesehatan Diberlakukan
Peserta UTBK dari Keluarga Tak Mampu Gratis Tes Covid-19 di Surabaya
Pemkot Bekasi Sebut Stok Alat PCR dan Rapid Test Covid-19 Menipis
DPR Saran Pengetatan Aturan Transportasi Tak Hanya Fokus di Bandara
Pemprov DKI Sudah Swab Test 720 Ribu Orang yang Beraktivitas di Pasar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami