Surat Sanksi Wings Air di Balik Bunuh Diri Kopilot

PERISTIWA | 21 November 2019 00:16 Reporter : Wisnoe Moerti

Merdeka.com - Polisi mendalami keterkaitan surat sanksi dari perusahaan dengan kejadian bunuh diri kopilot maskapai penerbangan Wings Air Nicolaus Anjar Aji Surya (27). Nicolaus ditemukan tewas gantung diri di Kalideres, Jakarta Barat, Senin (18/11).

"Surat penjatuhan sanksi itu dikirim oleh pihak maskapai ke rumah orang tua korban di Solo. Memang benar bahwa surat tersebut ada," kata Kapolsek Kalideres AKP Indra Maulana kepada ANTARA di Jakarta, Rabu malam.

Nicolaus ditemukan tewas di indekos Jalan Rawa Lele, Gang Melati I RT 007 RW 10 Kalideres dengan luka bekas jeratan tali tambang di leher akibat gantung diri sekitar pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan keterangan saksi yang merupakan adik korban bernama Ciprianus alias Angga, diduga ada keterkaitan antara surat penjatuhan sanksi dengan peristiwa bunuh diri yang dialami Nicolaus.

"Kami belum lihat langsung fisik surat beserta isinya seperti apa, tapi dari keterangan adiknya, surat itu memberi keterangan bahwa korban melakukan tindakan indisipliner sehingga dijatuhi sanksi oleh perusahaan," katanya.

1 dari 2 halaman

Surat Dikirim Ke Rumah Orang Tua

Surat tersebut tiba di rumah orang tua Nicolaus di Desa Manggung RT 002 RW 08 Kelurahan Cangakan, Karanganyar, Solo. Surat dikirim beberapa hari sebelum Nicolaus ditemukan tewas gantung diri.

Indra menambahkan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kepolisian di Solo untuk mengungkap keterkaitan surat penjatuhan sanksi dengan peristiwa tewasnya korban.

"Kita juga segera panggil perwakilan maskapai Wings Air untuk mengklarifikasi kasus ini," kata Indra.

2 dari 2 halaman

Wings Air Singgung Indisipliner

Pihak Wings Air tidak menjelaskan soal dugaan depresi yang menimpa sang kopilot. Termasuk soal pemecatan. Pihak manajemen hanya menjelaskan bahwa maskapai telah menerapkan program pembinaan kepada seluruh karyawan, termasuk awak pesawat. Kebijakan ini berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, integritas dan karakter. sebagai upaya peningkatan kinerja tinggi.

"Wings Air juga sudah melakukan pembinaan secara bertahap kepada awak kokpit yang melakukan tindakan tidak disiplin (indisipliner)," ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis.

Wings Air menegaskan, bahwa penerapan aturan kerja, kedisiplinan dan pelaksanaan standar operasional prosedur berlaku kepada semua awak pesawat dalam hal ini awak kokpit. Hal ini sudah sesuai ketentuan dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first). (mdk/noe)

Baca juga:
Diduga Depresi, Kopilot Wings Air Bunuh Diri di Kamar Kos
Seorang Gadis di Karawang Gantung Diri Usai Bertemu Pacar
Sebelum Gantung Diri, Pria di Serang Kirim Video Permintaan Maaf ke Istri
Teka Teki Kepala Desa Tewas dengan Lima Tusukan di Dada, Bunuh Diri atau Dibunuh?
Ledakan Bom Bunuh Diri di Polresta Medan, LPSK Fokus Penanganan Medis Korban
Keluarga Curiga Kades di Sibolangit Dibunuh, Polisi Masih Duga Bunuh Diri

TOPIK TERKAIT