Survei KPAI: Pandemi Covid-19 Sebabkan Beban Ibu Berlipat

Survei KPAI: Pandemi Covid-19 Sebabkan Beban Ibu Berlipat
PERISTIWA | 23 Juli 2020 16:23 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia merilis survei mengenai ibu di lingkungan keluarga mengalami beban domestik berlipat saat pandemi Covid-19. Terutama ketika ibu mengurus buah hatinya.

Ketua KPAI Susanto mengatakan, kondisi beban domestik dan psikologis ibu selama pandemi harus menjadi perhatian bersama. Pasalnya dapat mempengaruhi tingkat kekerasan di dalam rumah tangga karena stres yang dialami.

"Dalam situasi Covid-19, ibu menjadi tumpuan pengasuhan dengan beban domestik yang berlipat serta beban ganda yang juga dialaminya," katanya di Jakarta, Kamis (23/7).

Dia mengungkapkan, dari data survei menunjukkan hanya 33,8 persen orang tua yang pernah mengikuti pelatihan atau memperoleh informasi tentang pengasuhan. Tingkat literasi soal asuh anak akan mempengaruhi proses pengasuhan yang berkualitas.

"Data ini juga menunjukkan adanya potensi gap antara apa yang dilakukan orang tua dan diterima anak dalam pengasuhan, sehingga ke depan perlu peningkatan pemahaman tentang pengasuhan bagai ayah dan ibu sekaligus," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Sementara itu Wakil Ketua KPAI...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami