Survei LSI, 74,8 Persen Warga di Zona Merah Covid-19 Alami Keterpurukan Ekonomi

Survei LSI, 74,8 Persen Warga di Zona Merah Covid-19 Alami Keterpurukan Ekonomi
PERISTIWA » MAKASSAR | 7 Juli 2020 15:54 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Mayoritas masyarakat yang berada di zona merah Covid-19 mengalami keterpurukan ekonomi. Yakni, sebanyak 74,8 persen dari 2/3 responden yang disurvei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny Ja.

"Hasilnya 74,8 persen mayoritas masyarakat atau 2/3 responden menyatakan keadaan ekonomi lebih buruk. Lalu yang menyatakan tidak ada bedanya sebesar 22,4 persen," ujar Peneliti LSI Denny JA, Adrian Sopa, Selasa (7/7).

Sedangkan, 2,2 persen responden lainnya mengaku kondisi ekonomi mereka justru lebih baik saat Pandemi. Survei dilakukan terhadap 8.000 responden yang berada di delapan provinsi. Yakni, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Bali.

"Responden kami dari kota-kota besar yang memang berada di episentrum covid-19. Di Jabar misalnya di Bandung, lalu di Semarang, Surabaya, Medan, Makassar. Kalau di Jakarta hampir menyebar dikeseluruhan," tutur Adrian.

Ia menambahkan, survei dibagi beberapa segmen untuk mengetahui di kalangan mana saja masyarakat menyatakan kondisi ekonomi mereka lebih buruk atau baik selama pandemi. Hasilnya, persepsi kondisi ekonomi buruk selama pandemi dialami hampir semua kalangan, baik dari segi usia, agama, pendapatan per bulan dan lainnya.

"Segmen agama misalnya, hampir mayoritas masyarakat baik memeluk agama Islam dengan 73,9 persen, Hindu dengan 83,4 persen, atau dari Protestan, Katolik menyatakan kondisi ekonomi mereka buruk selama pandemi ketimbang sebelum Covid-19," paparnya.

Untuk metode sampling yang digunakan adalah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data ialah wawancara tatap muka dengan kuisioner, margin error 2,05 persen. Untuk jangka waktu survei dari 8 hingga 15 Juni. Adrian juga menyebut dana untuk survei kali ini diperoleh dari dana CSR LSI. (mdk/rhm)

Baca juga:
Update Covid-19 7 Juli: Bertambah 1.268, Total Kasus Positif Jadi 66.226
Satpol PP Jemput Pedagang Pasar Tolak Dites Covid-19
Dirut KAI Surati Anies Minta Cabut Syarat SIKM Perjalanan Jakarta-Bandung
Selama Pandemi, Pendaftar Haji di Sumsel Turun Hingga 4 Kali Lipat
Menko Luhut Dorong Penyaluran Dana PEN ke Koperasi dan UMKM Dipercepat
Ini Waktu Operasional Bioskop Hingga Konser Musik Selama PSBB Transisi di Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami