Survei LSI: Mayoritas PNS Tak Keberatan Dipimpin Atasan Beda Agama

Survei LSI: Mayoritas PNS Tak Keberatan Dipimpin Atasan Beda Agama
Pegawai PNS di Balai Kota. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani
PERISTIWA | 18 April 2021 18:43 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Sebagian Pegawai Negeri Sipil (PNS) keberatan dipimpin oleh orang berbeda agama. Hal itu tercatat dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Sebanyak 15,1 persen responden survei ini menyatakan keberatan orang berbeda agama menjadi pimpinan di Kementerian/Lembaga/Organisasi Perangkat Daerah. Sementara 14,1 persen menyatakan keberatan atasannya sebagai kepala bagian/divisi merupakan orang berbeda agama.

"Mayoritas responden tidak keberatan jika orang yang berbeda agama menjadi kepala bagian/divisi, atau menjadi pimpinan K/L/Perangkat Daerah," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei secara daring, Minggu (18/4).

Djayadi memaparkan 76,9 persen PNS tidak keberatan dipimpin orang berbeda agama di Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah. 78,9 persen menyatakan tidak keberatan orang berbeda agama menjadi kepala bagian/divisi.

Berikutnya, LSI mencatat mayoritas PNS tidak setuju dengan anggapan jika mendahulukan pemberian layanan kepada warga yang seagama. 49,3 persen menyatakan tidak setuju, 43,3 persen kurang setuju, 5,6 persen cukup setuju, 0,4 persen sangat setuju, dan 1,4 persen tidak menjawab.

"Mayoritas, 92,5 persen, kurang setuju/sangat tidak setuju dengan pendapat 'bahwa wajar jika PNS mendahulukan memberi pelayanan kepada warga yang seagama dengannya'" jelas Djayadi.

LSI menggelar survei dengan populasi PNS di berbagai Kementerian/Lembaga. 1.201 PNS menjadi responden survei yang digelar 3 Januari sampai 31 Maret 2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. (mdk/gil)

Baca juga:
Menpan RB Sebut Tiap Bulan Ada PNS Dipecat karena Korupsi
Tjahjo Sebut Banyak Kehilangan Calon Eselon I Gara-Gara Terlibat Radikalisme
Survei LSI Ungkap 5 Bidang Paling Koruptif di Instansi Pemerintah
Survei: Tingkat Awareness PNS Terhadap Korupsi di Instansinya Rendah
Survei: 9,3% PNS Sering Terima Uang dan Hadiah di Luar Ketentuan, 76,1% Jarang
Semarakkan Harbolnas, Airlangga Minta Sri Mulyani Cairkan THR PNS H-10 Lebaran

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami