Survei LSI Ungkap 5 Bidang Paling Koruptif di Instansi Pemerintah

Survei LSI Ungkap 5 Bidang Paling Koruptif di Instansi Pemerintah
ilustrasi korupsi. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman
PERISTIWA | 18 April 2021 19:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut ada lima tempat atau bagian di instansi pemerintah yang diketahui paling koruptif. Yakni di bagian pengadaan barang, perizinan usaha, bagian keuangan, bagian pelayanan, serta bagian personalia.

"Bagian pengadaan dinilai paling rawan terjadi kegiatan koruptif, yakni 47,2%. Selanjutnya di bagian perizinan usaha 16%, keuangan 10,4%, pelayanan 9,3%, dan lainnya 1%," kata Djayadi dalam rilis virtual bertajuk Urgensi Reformasi Birokrasi, Persepsi Korupsi, Demokrasi, dan Intoleransi di kalangan ASN, Minggu (18/4).

Sementara bentuk penyalahgunaan korupsi yang paling banyak terjadi di unsur PNS atau ASN ialah menggunakan wewenang untuk kepentingan pribadi sebesar 26,2%, dan kerugian keuangan negara sebanyak 22,8%.

Selanjutnya gratifikasi sebanyak 19,9%, menerima pemberian tidak resmi atau suap sebanyak 14,8%, penggelapan dalam jabatan hingga 4,9%, perbuatan curang 1,7%, dan adanya pemerasan 0,2%.

"Hasil survei diharapkan dapat memberi masukan pada pengambil kebijakan tentang pemberantasan korupsi dan upaya reformasi birokrasi, serta demokrasi, khususnya di kalangan PNS," ungkapnya.

Adapun responden survei kali ini sebanyak 1.201 PNS ya g diwawancarai dalam periode 3 Januari-31 Maret 2021. Populasi PNS yang disurvei mencakup PNS di 14 provinsi dan menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Survei: 9,3% PNS Sering Terima Uang dan Hadiah di Luar Ketentuan, 76,1% Jarang
Adu Kuat Capres Potensial Pilpres 2024
Persepi: Survei Opini Publik Tentang Kinerja Menteri Bisa Menyesatkan
Prabowo Harus Lakukan 3 Cara Ini untuk Menjaga Elektabilitas Tinggi Hingga 2024
Gerindra: Survei Tertinggi, Prabowo Punya Tempat Spesial di Hati Rakyat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami