Survei Persepsi Publik: TNI Tertinggi, KPK di Bawah Polri

Survei Persepsi Publik: TNI Tertinggi, KPK di Bawah Polri
PERISTIWA | 13 Maret 2020 16:46 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Survei persepsi publik Cyrus Network menunjukkan untuk pertama kali penilaian terhadap KPK lebih rendah dibandingkan kepolisian. Dalam survei ini, KPK menempati urutan keempat dalam penilaian tingkat kepercayaan, soliditas, dan kekuatan.

"Untuk pertama kalinya survei menemukan bahwa penilaian terhadap kepolisian lebih baik daripada penilaian publik terhadap KPK," ujar CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto dalam pemaparan survei di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (13/3).

Dalam pertanyaan apakah semakin kuat, TNI menempati urutan pertama dengan angka 82,6 persen, diikuti Lembaga Kepresidenan 75,1 persen, Polri 71,5 persen dan KPK 56,8 persen.

Pada pertanyaan tingkat soliditas urutan teratas juga tidak berubah. TNI pertama dengan angka 80,4 persen, diikuti Lembaga Kepresidenan 71,3 persen, Polri 68 persen dan KPK 54,6 persen.

1 dari 1 halaman

Di tingkat kepercayaan juga tidak berubah, TNI pertama dengan angka 79,9 persen, lembaga kepresidenan 70,7 persen, Polri 62,5 persen dan KPK 57,6 persen.

Menurut Eko, persepsi publik terhadap KPK banyak dipengaruhi pemberitaan terkait revisi UU KPK sampai proses pemilihan komisioner baru. Serta, banyak gelombang penolakan terhadap UU KPK melalui demonstrasi besar-besaran.

"Publik kurang yakin dengan revisi UU tadi itu kan bisa memperkuat KPK. Bisa jadi, kemarin kan lumayan demonya bisa jadi karena itu juga, bisa jadi sebagian publik melihat sebelumnya jelang pergantian pimpinan sempat ada opini kurang bagus, ada (pimpinan mengundurkan diri), jadi mendapat penolakan dari badan pekerja. itu kan beritanya lumayan," kata Eko.

Survei ini dilakukan pada 24-30 Januari 2020 terhadap 1230 responden dari seluruh Indonesia. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (mdk/rnd)

Baca juga:
Survei Cyrus Network: Prabowo Capres Terkuat di 2024
Survei Cyrus Network: Masyarakat Berharap Jokowi Bentuk Pemerintahan yang Efektif
Cyrus Network: Rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo Bukan Sekadar Bagi Jabatan
Survei Cyrus: 88 Persen Masyarakat Anggap Pilpres Berlangsung Jujur
Dituduh Bohong Menangkan Jokowi-Ma'ruf, 8 Lembaga Survei Buka Data Quick Count
Jawaban Petinggi Lembaga Saat Quick Count Pilpres 2019 Dituding Bayaran dan Bohong

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5