Surya Paloh Bakal Tanya Enggartiasto Lukita Sebab Mangkir Dipanggil KPK 2 Kali

PERISTIWA | 19 Juli 2019 20:02 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Perdagangan yang juga politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem), Enggartiasto Lukita, tercatat dua kali mangkir dari panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Enggar akan dimintai keterangan terkait kasus yang menjerat Anggota DPR RI Komisi VI Bowo Sidik Pangarso.

Dikonfirmasi soal ketidakhadiran kadernya saat dipanggil KPK, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, berjanji akan menanyakan pada Enggar. Meski dua kali tidak hadir saat dipanggil, Surya Paloh yakin Enggar akan memenuhi panggilan KPK.

"Saya bukan akan menegur, saya akan bertanya apa yang sebenarnya. Saya pikir dia yakin, Enggar yang saya kenal gampang," kata Surya Paloh di Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (19/7).

Paloh menilai, ketidakhadiran Enggar di KPK karena sedang fokus pada kerjaannya karena ada pencapaian-capaian yang harus dituntaskan.

"Saya taulah pressure sekarang ini dengan kedudukan dia sebagai Mendag, dianggap belum bisa memberikan sesuatu yang super signifikan terhadap ekspor kita di negeri ini," kata Surya Paloh.

"Kan masalahnya barangkali jadi hal yang ingin dia buktikan yang terbaik. Ya mungkin 1-2 hari ini kita lihat. Tapi bukan hal yang luar biasa, Enggar tetap Enggar," ungkap Paloh.

Paloh juga menjelaskan Partai NasDem tetap berkomitmen untuk mendukung peran dan tugas KPK memberantas korupsi sekaligus kadernya diminta menjadi saksi.

"Ya Pasti! Masa diragukan lagi komitmen NasDem. Apalagi dalam posisi diminta keterangan sebagai saksi. Kalau ada indikasi macam-macam segala macam kita duluan yang akan kejar," tegas Paloh.

Enggar pertama kali dipanggil pada Selasa (2/7), sementara kedua pada Senin (8/7) lalu. Enggar beralasan tidak hadir karena sedang berdinas di luar negeri.

Baca juga:
Terbang ke China, Mendag Enggar Incar Peningkatan Ekspor 3 Komoditas RI
Manfaatkan Perang Dagang, Pihak Istana Minta Mendag Enggar Dongkrak Ekspor ke China
Sedang di Luar Negeri, Mendag Enggartiasto Batal Diperiksa KPK
KPK Periksa Mendag Enggartiasto Terkait Kasus Bowo Sidik Hari Ini
KPK Periksa Mendag Terkait Kasus Bowo Sidik Besok
Melihat Kembali Jatah Porsi Menteri dari Parpol era Pemerintah Jokowi
MUI Sebut Stabilitas Harga Pangan Redam Situasi Politik Usai Pemilu

(mdk/lia)