Susi Pudjiastuti Kenang Pesan Terakhir BJ Habibie

PERISTIWA | 12 September 2019 10:10 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melayat ke kediaman Bacharuddin Jusuf Habibie di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Datang dengan pakaian serba hitam, Susi menyatakan rasa kehilangannya atas kepergian mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia tersebut.

Ia mengenang komunikasi terakhir dengan Habibie adalah saat proses penenggelaman kapal asing yang mencuri ikan di laut Indonesia pada pertengahan April. Susi bercerita, Habibie terus memberinya semangat menjalani tugas sebagai menteri.

"Beliau bilang 'go still stand be strong, continue your world' itu saya pikir hal yang luar biasa, selalu memberikan optimisme dan dukungan dan selalu positif beliau tidak pernah punya energi yang negatif," ujar Susi usai takziah, Kamis (12/9).

Jauh sebelum menjadi menteri kelautan dan perikanan, lanjut Susi, Habibie juga senantiasa memberikannya semangat meningkatkan industri penerbangan. Ia mengaku dipesan Habibie agar konsisten memberikan pelayanan terbaik, di mana pun ia berkarir.

"Beliau beberapa kali bertemu dari saya sebelum jadi menteri, selalu mensupport "Ah kamu di aviation, good. Indonesia nih perlu commuter service do it continue," tandasnya.

Seperti diketahui BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya di usia 83 tahun, Rabu (11/9). Ia menjalani perawatan intensif beberapa hari di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD).

Pemakaman Habibie akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Baca juga:
Kenangan SBY Diberi Dukungan BJ Habibie saat Ditinggal Ani
Franz Magnis: BJ Habibie Keluarkan RI dari Keadaan Gawat ke Jalur yang Tepat
Anies Sebut Banyak Keluarga Indonesia yang Ingin Anaknya Hebat Seperti Habibie
Pesan BJ Habibie: Bangun Konektivitas Antar Pulau via Udara
Melihat Makam BJ Habibie, Bersebelahan dengan Istrinya Ainun

(mdk/rhm)