Sutopo Purwo Nugroho Raih Penghargaan Liputan6 Awards 2019

PERISTIWA | 25 Mei 2019 15:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Liputan6 Awards 2019 memberikan penghargaan kepada tokoh inspiratif kepada Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo merupakan sosok yang giat memberikan data akurat terkait bencana alam yang terjadi di seluruh Indonesia. Meski mengidap kanker paru stadium 4, dia tidak menyerah melawan berbagai berita simpang siur dan informasi bohong alias hoaks terkait bencana.

Untuk itu, Liputan6 Awards menjatuhkan Sutopo sang pengabar informasi bencana, penghargaan dalam kategori Pengabdian Masyarakat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Liputan6 atas penghargaan spesial yang diberikan ini. Apa yang saya lakukan sesungguhnya hanya menjalankan tugas sebagai juru bicara," tutur Sutopo di acara Liputan6 Awards 2019, SCTV Tower, Jakarta Selatan, Sabtu (25/5).

Menurut Sutopo, masyarakat sangatlah membutuhkan informasi secepat mungkin saat kondisi bencana terjadi. Untuk itu, jangan sampai ada celah untuk hoaks agar semua orang dapat tenang.

Untuk terus semangat dalam bertugas, Sutopo berpesan agar kita dapat mencintai pekerjaan, apapun bentuknya. Janganlah besar kepala karena jabatan, tetapi besarkanlah jabatan tersebut dengan pasion dan ketekunan.

"Semoga ke depan semakin aktual, tajam, dan terpercaya," kata Sutopo.

Penghargaan Liputan6 Awards 2019 diberikan kepada Sutopo oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

Penghargaan untuk Dokter Andalan Warga Pedalaman

Liputan6 Awards 2019 memberikan penghargaan kepada seorang dokter yang tampil dengan sosok gilanya mengarungi lautan ke daerah terpencil Indonesia menggunakan kapal kayu. Dia dijuluki Dokter Andalan Warga Pedalaman.

Adalah Lee Agustinus Dharmawan, tenaga medis yang memberikan pengobatan kepada masyarakat dengan cuma-cuma alias gratis. Dia singgah dari satu pulau ke pulau lainnya di Indonesia demi menangani masalah kesehatan warga.

Lee prihatin dengan akses kesehatan yang belum sepenuhnya menjangkau daerah terpencil. Demi membantu pemerintah, dia pun bergerak sendiri bersama tim untuk memberikan pelayanan.

"Saya memohon maaf atas ketidakhadiran saya siang hari ini. Karena ada tugas keluarga dimana saya sedang di Amerika Serikat," tutur Lee lewat video yang diputar dalam acara Liputan6 Awards 2019 di SCTV Tower, Jakarta Selatan, Sabtu (25/5).

Lee berterima kasih atas penghargaan di kategori Kesehatan yang diterimanya ini. Dia mendedikasikan sepenuhnya untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Karena persoalan kesehatan adalah soal kita bersama. Kita tidak dapat menyerahkan pelayanan kesehatan ke Kementerian Kesehatan. Kita sebagai stakeholder bangsa ini punya kewajiban yang sama melayani sesama kita," kata Lee.

Penghargaan Liputan6 Awards 2019 diberikan kepada Sutopo oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

Liputan6 Awards sebagai program bakti kepada Indonesia yang terus berupaya berkontribusi untuk bangsa, khususnya terkait perdamaian. Untuk itu, tahun ini pun mengusung tema 'Untukmu Indonesia'.

Ada lima kategori dalam penganugerahan penghargaan yaitu Kesehatan, Lingkungan, Pantang Menyerah, Komunitas Kemanusiaan, dan Olahraga.

Tahun ini, Liputan6 Awards kembali menyeleksi 16 kandidat dalam lima kategori berbeda tersebut.

Hasil seleksi Tim Redaksi Liputan6 akan memilih kandidat pemenang melalui sisi kemandirian, konsistensi, cakupan dampak, dan inspirasi.

Adapun dewan juri dalam penghargaan Liputan6 Awards 2019 adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai ketua dewan juri, Social Entrepreneur Rhenald Kasali, Tokoh Filantropis Irwan Hidayat, Deputy Director Programming SCTV David Suwarto, dan Pemred Liputan6 SCTV Mohamad Teguh.

Reporter: Nanda Perdana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:false
Jokowi Minta BNPB Libatkan Pemuka Agama dalam Edukasi Bencana
Jokowi Minta Kepala Daerah Tegas, Masyarakat Dilarang Tinggal di Daerah Rawan Bencana
Buka Rakornas BNPB, Jokowi Tekankan Pentingnya Sistem Deteksi Dini Bencana
Doni Monardo Minta Saudagar Bugis Beri Sumbangan untuk Konservasi Lingkungan
Sepanjang Januari 2019, 366 Kali Bencana, 94 Orang Meninggal Dunia
BNPB Catat Longsor dan Banjir di Beberapa Daerah Telan Korban Jiwa

(mdk/did)