Tabrak Motor, Mobil Terguling & Terbakar di Jalan Tegar Beriman Bogor

PERISTIWA | 14 Oktober 2019 12:13 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Sebuah mobil sedan terguling dan terbakar di Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (14/10) sekitar pukul 09.00 Wib.

Beruntung, mobil bernomor polisi B 1773 VRA itu yang dikemudikan anggota petugas pemadam kebakaran itu, terguling tepat di depan Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor. Sebelum terguling, mobil sedan itu sempat bertabrakan dengan satu unit motor.

Sang sopir yang masih berada di dalam bangku kemudi akhirnya di evakuasi oleh petugas yang datang ke lokasi kejadian, dengan memecahkan kaca.

Berhasil dievakuasi, korban langsung dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans. Sementara petugas juga harus memadamkan api lewat unit pemadam yang sudah disediakan.

Tapi, peristiwa tersebut hanya simulasi yang dilakukan oleh Disdamkar Kabupaten Bogor. Di mana, para petugas dilatih untuk siap siaga menghadapi kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, tugas mereka tidak hanya menangani yang berhubungan dengan api, melainkan banyak hal.

Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, Penanggulangan Kebakaran pada Disdamkar Kabupaten Bogor, Muhammad Lukman menjelaskan, simulasi Trafic Accident untuk melatih petugas semaksimal mungkin menolong orang saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Kami juga koordinasi dulu dengan polisi dan dishub sambil evakuasi berjalan. Dengan peralatan seadanya, namun evakuasi berjalan lancar. Anggota juga sudah mahir dalam mengevakuasi," kata Lukman.

Lukman menyatakan, dalam evakuasi kecelakaan lalu lintas, anggota memiliki target durasi evakuasi. Selain harus cepat, ketelitian juga ditekankan agar evakuasi tidak menimbulkan kesalahan kinerja.

"Lima menit, paling lama itu sepuluh menit untuk evakuasi. Mungkin dengan peralatan yang lebih canggih lagi, bisa lebih cepat evakuasinya," kata dia. (mdk/rhm)

Baca juga:
Prajurit TNI Bantu Evakuasi Korban Kecelakaan di Sambas
Mobil Tertimpa Pohon, Tiga dari Sembilan Penumpang Meninggal Dunia
5 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Sibolangit Dievakuasi ke Tepi Jalan
Kecelakaan Beruntun di Sibolangit, Lalu Lintas Macet Total
Walhi Curiga Aktivis Golfrind Tewas Karena Kekerasan Bukan Kecelakaan
Mobil Kecelakaan di Tol Cikampek, Tiga WNA Tewas di Lokasi

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.