Tabung Gas di Tasikmalaya Meledak, Enam Warga Luka Bakar 70 Persen

PERISTIWA | 3 Mei 2019 22:32 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Enam orang warga Kota Tasikmalaya mengalami luka bakar setelah sebuah tabung gas meledak akibat bocor pada Jumat (3/5). Lokasi ledakan sendiri di RT 03 RW 02, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang.

Empat dari enam warga yang terkena ledakan gas mengalami luka bakar hingga 70 persen, sedangkan sisanya mengalami luka bakar ringan. Seluruh korban sendiri saat ini tengah dirawat intensif di RSUD dr Seokarjo, tiga diantaranya dirawat serius karena luka bakarnya sangat parah.

"Saat itu saya sedang menjemur dikagetkan suara ledakan dari rumah tetangga saya. Suaranya kaya suara bom," kata Nurhasanah (41) salah seorang saksi.

Mendengar suara ledakan tersebut, Nurhasanah mengaku mendatangi sumber suara. Disana ia melihat kobaran api diatas genting rumah dan warga pun langsung berupaya memadamkan api dan menolong korban.

Beberapa saat setelah warga berupaya melakukan pemadaman, api akhirnya bisa dipadamkan sebelum petugas pemadam tiba di lokasi kejadian. "Barang-barang berharga langsung dikeluarkan dari dalam rumah. Korban yang terkena dampak ledakan langsung dibawa ke rumah sakit," ucapnya.

Nurhasanah menyebut dalam peristiwa tersebut ada enam warga yang mengalami luka, empat diantara sangat parah. Empat orang yang mengalami luka bakar parah sendiri adalah Dede (38), Heni (52), Ujang (40), dan Nana (62).

"Kalau yang dua orang hanya mengalami luka bakar ringan. Maryam (25) dan Azka (2 bulan). Yang Azka hanya kena rambut dan hawa gas aja," sebutnya.

Sementara itu salah seorang keluarga korban ledakan, Robi (26) mengaku pada saat terjadi ledakan tidak sedang ada di lokasi namun mendapat informasi bahwa ayahnya menjadi korban ledakan gas. Ia mengaku sempat berkomunikasi dengan ayahnya yang saat ini dalam perawatan terkait penyebab ledakan tersebut.

"Ayah saya diminta tolong oleh tetangga untuk membetulkan kompor gas yang bermasalah. Saat diotak atik ternyata timbul ledakan, bahkan sempat ada api yang menyembur dari sumber ledakan itu," ungkapnya.

Di lokasi kejadian sendiri sejumlah petugas kepolisian tengah melakukan pemeriksaan di bagian dalam rumah yang terlihat berantakan. Sejumlah barang-barang pun tempat terlihat di bagian luar rumah tak beraturan.

Baca juga:
Rumah Terbakar Diduga Karena Tabung Gas 12 kg Meledak, Satu Tewas Kehabisan Oksigen
PGN: Ledakan di Jalan Kruing Medan Bukan dari Pipa Gas Kita
Ledakan Ruko di Medan Dipastikan Dipicu Gas, Polisi Dalami Dugaan Kelalaian
Ledakan di Medan Rusak Sejumlah Ruko, 2 Orang Tewas dan 8 Terluka
Polisi Tetapkan 2 Tersangka Terkait Ledakan Pipa Gas di Mal Taman Anggrek
Polisi Periksa Teknisi Mal Taman Anggrek Terkait Ledakan Pipa Gas

(mdk/rhm)

TOPIK TERKAIT