Tahu Berformalin Ditemukan di Pasar Curug Tangerang

PERISTIWA | 23 April 2019 03:32 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Petugas Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Tangerang, Banten melakukan razia makanan mengandung formalin. Hasilnya, ditemukan tahu berbahan pengawet di pasar tradisional Curug.

"Ada 10 sampel yang kami periksa dari kandungan tahu dan garam yodium," kata Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang, Widya Savitri di Tangerang. Demikian dikutip dari Antara, Senin (22/4).

Widya mengatakan, penemuan formalin tersebut juga dari pedagang makanan ketoprak yang salah satu bahan utama dari tahu.

Pihaknya dalam pengambilan sampel tersebut bersama petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang. Selain sampel tahu pihaknya juga membawa serta memeriksa garam beryodium yang dijual di pasar tradisional.

Menurut dia, dari 10 sampel garam yang diperiksa terdapat empat sampel tidak mengandung yodium. Padahal yodium sangat penting dalam tubuh seperti mencerdaskan otak, menyehatkan proses tumbuh kembang janin pada wanita hamil serta menyehatkan kelenjar tiroid.

Pihaknya tidak dapat melakukan tindakan karena sampel yang diambil itu dari pedagang karena mereka tidak memproduksi.

Bahkan Loka POM setempat hanya membina pedagang supaya tidak membeli tahu dan garam yang selama ini dibeli dari penjual tertentu. Dia mengimbau agar warga secara cerdas untuk memilih pangan yang aman dari zat kimia berbahaya bila dikonsumsi dapat mengganggu kesehatan.

Padahal sebelumnya juga memeriksa kandungan zat berbahaya itu pada tahu dan kue mangkok yang dijual pedagang di Pasar Cisauk. Selain itu, petugas juga menemukan adanya pelanggaran karena pedagang mengedarkan obat keras tanpa kewenangan di toko obat tidak berizin.

Pengambilan sampel makanan itu merupakan program ketahanan pangan lokal dan dilakukan operasi terpadu dengan melibatkan aparat Polresta Tangerang, Dinas Pertanian, UPT Karantina, Dinas Perikanan, Disperindag setempat.

Baca juga:
BPOM Sosialisasikan Produk Makanan dan Obat
Polda Metro Bekuk 7 Penjual Obat Ilegal, Pelaku Terancam 15 Tahun Bui
Gerebek Pabrik Kosmetik Rumahan, BPOM Samarinda Sita 40 Produk Oplosan
BBPOM Sulsel Minta Warga Waspadai Toko-toko yang Cuci Gudang Jelang Akhir Tahun
Ribuan Obat & Kosmetik Ilegal Dimusnahkan, Nilainya Capai Rp 8 Miliar
BBPOM Sita Produk Ilegal Senilai Rp 700 Juta di Solo
Petugas Gabungan Lakukan Razia Kosmetik Kadaluwarsa

(mdk/lia)

TOPIK TERKAIT