Tahun Depan, Indonesia-Malaysia akan Akhiri Polemik Batas Pulau Sebatik

PERISTIWA | 16 November 2019 12:20 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Polemik menahun batas negara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akan menuju titik terang. Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial (BIG) Ade Komara Mulyana mengatakan Indonesia dan Malaysia akan menyepakati penyelesaian Outstanding Boundary Problem (OBP) di Pulau Sebatik pada tahun depan.

"Mudah-mudahan tahun depan akan kita tanda tangani MOUnya Pulau Sebatik," kata Ade dalam diskusi 'Apa Kabar Perbatasan Indonesia dan Malaysia' di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, Sabtu (16/11).

Ade menjelaskan Indonesia dan Malaysia sudah menyepakati hal tersebut secara teknis. Pilar berbatas yang dibangun Inggris-Belanda nantinya akan diganti.

"Pilar-pilar baru ini akan jadi perbatasan Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik. Pilar ini dibangun Indonesia oleh Tim Direktorat Topografi Angkatan Darat," kata Ade.

Kemudian kata dia pengukurannya koordinatnya GPS pun saat ini sedang berlangsung. Dan nantinya dalam waktu dekat pilar tersebut akan dihancurkan.

"Supaya tidak membingungkan nanti dalam waktu dekat pilar lama akan dihancurkan," ungkap Ade.

Baca juga:
Tidak Hanya Jaga Tapal Batas, Sertu Haris Jadi Guru Ngaji Anak di Perbatasan
Pemerintah RI-Malaysia Bangun Patok Batas Baru di Sebatik Nunukan
5 Proyek Pembangunan Jokowi di Papua Demi Angkat Kesejahteraan Warga
Memoles Gerbang Indonesia
Kemendes PDTT Gunakan DAK Fisik Afirmasi Dukung Pembangunan Daerah Tertinggal
Bertemu PM Mahathir di Malaysia, Jokowi akan Bahas Perbatasan hingga Kelapa Sawit

(mdk/bal)