Tak Ada Penambahan Kasus Baru, Kota Tasik Disebut Sudah Lewati Puncak Covid-19

Tak Ada Penambahan Kasus Baru, Kota Tasik Disebut Sudah Lewati Puncak Covid-19
PERISTIWA | 27 Mei 2020 02:43 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Hingga H+2 lebaran atau Selasa (26/5), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya tak menemukan penambahan kasus positif. Hingga saat ini, jumlah pasien positif di Kota Tasikmalaya tercatat 47 orang, dimana jumlah tersebut sama dengan sebelum lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan bahwa pihaknya memang sudah memprediksi bahwa fase puncak pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya terjadi sepekan sebelum lebaran.

"Angka penambahan kasus pasien positif ketika itu melonjak cukup signifikan, dimana dalam sepekan ditemukan 10 kasus baru di Kota Tasikmalaya. Kita sudah sampaikan, seminggu sebelum hari raya akan memasuki fase puncak di Kota Tasikmalaya, sebab mulai banyak yang mudik ke daerah, salah satunya Kota Tasikmalaya," kata Uus.

Jika melihat grafik, saat ini sendiri menurutnya cenderung melandai dan ia berharap agar angka tersebut bisa dipertahankan. Namunwalau begitu ia tetap mengimbau agar warga selalu menerapkan anjuran pemerintah, mulai sosial dan physical distancing hingga penggunaan masker.

Uus mengungkapkan, penambahan kasus baru masih berpotensi terjadi, apalagi saat ini masih dalam suasana Lebaran. Kebiasaan masyarakat menggelar halalbihalal dengan bersalam-salam sangat mungkin menjadi faktor yang menambah kasus positif Covid-19. "Kebiasaan itu sudah berjalan puluhan tahun dan sudah menjadi tradisi, tidak mudah untuk mengubah tradisi itu," ungkapnya.

"Meski menggelar halalhibalal, masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan sehingga masyarakat dapat berdisiplin untuk memutus mata rantai Covid-19," tutupnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Wisma Karantina Pademangan Siapkan Dua Tower untuk Isolasi WNI dari Luar Negeri
109 Orang di Ogan Ilir Dipecat, Gubernur Sumsel Pastikan Tak Kekurangan Tenaga Medis
10 Pasien Sembuh Covid-19 di Riau, 2 Hari Tak Ada Penambahan Kasus Positif
New Normal, Ridwan Kamil Batasi Jumlah Pengunjung di Mal & Restoran
Menteri Erick Sebut 90 Persen BUMN Terdampak Corona
Ridwan Kamil Sebut saat New Normal, TNI-Polri Bakal Jaga Pasar & Mal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5