Tak Hanya DPR, Dulu Kapolri Timur Pradopo Juga Murka pada Polisi Berperut Gendut

PERISTIWA | 22 November 2019 06:00 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Seorang polisi idealnya memiliki tubuh proporsional guna mendukung pekerjaannya. Sayangnya, masih banyak polisi Indonesia yang memiliki bobot tubuh berlebih, bahkan memiliki perut buncit alias gendut.

Polisi berperut buncit mendapat sindiran dari anggota DPR, Trimedya Panjaitan. Politisi PDIP ini menyinggung perut anggota kepolisian identik dengan perut buncit.

Jauh sebelum Trimedya mempersoalkan, mantan Kapolri Jenderal Timur Pradopo pada 2012 lalu juga pernah menyinggung polisi yang memiliki berat badan berlebih alias gendut.

Bahkan di era Kapolri Timur Pradopo terdapat program memberantas polisi gendut dengan digenjot berolahraga, agar beratnya cepat turut dan ideal. Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Kapolri Timur Persoalkan Polisi Berperut Gendut

Mantan Kapolri Jenderal Timur Pradopo pernah memerintahkan seluruh anggota polisi menjaga berat badan agar tidak berlebih. Timur mengatakan hal ini perlu dilakukan agar polisi menjadi lebih lincah saat di lapangan.

"Yang penting sekarang performennya, semua harus slim," kata Timur di Direktorat Polisi Air Baharkam Polri, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, 3 Desember 2012 silam.

2 dari 4 halaman

Polisi Harus Ikut Program Diet

Untuk mewujudkan polisi yang memiliki bentuk tubuh yang proporsional berbagai cara ditempuh. Salah satunya dengan program diet. Mantan Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengatakan diet untuk seluruh anggota polisi sudah berjalan di setiap wilayah. Mulai dari Polsek, Polres sampai Polda.

"Saya kira semua kasat wilayah, sudah punya program (diet)," kata Timur pada, Senin 3 Desember 2012 dulu.

Perintah Jenderal Timur Pradopo untuk melakukan program penurunan berat badan langsung dilaksanakan. Beberapa daerah kala itu langsung melaksanakan program diet untuk anggota polisi.

Contohnya, mantan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Wahyu Widada waktu itu mengambil kebijakan untuk memberikan olahraga ekstra bagi anggota kesatuannya yang memiliki berat badan berlebih. Menurutnya, kala itu ada 136 polisi yang tercatat tidak memiliki badan ideal.

"Saya mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan seluruh anggota kepolisian yang memiliki berat badan berlebih untuk mengikuti program penurunan berat badan dengan olahraga tambahan setiap Selasa dan Jumat sore," katanya, Jumat (9/11/2012) lalu.

3 dari 4 halaman

Polisi Perut Buncit Disindir DPR

Polisi berperut buncit kembali disindir. Kali ini sindiran datang dari anggota DPR Komisi III Trimedya Panjaitan yang menyinggung perut buncit aparat kepolisian saat rapat kerja bersama Kapolri Jenderal Idham Azis, di gedung DPR, Senayan, Rabu (20/11).

Trimedya memuji Idham yang menjaga tubuhnya. Dia minta seluruh anggota kepolisian mengikuti fisik pimpinannya. "Kalau soal perutnya sama dengan perut saya, itu soal olahraga, supaya semua jajaran Polri bisa meniru perutnya saudara Kapolri," kata Trimedya, Rabu (20/11).

4 dari 4 halaman

Polri Soal Polisi Gendut: Jangan Buncit, Gemuk Saja

Polisi berperut gendut kembali menjadi sorotan setelah anggota DPR Trimedya Panjaitan menyinggung polisi buncit saat rapat bersama Kapolri Jenderal Idham Azis pada Rabu 20 November 2019. Soal itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan bahwa gemuk secara proporsional tentu ideal.

"Jangan (buncit), gemuk saja. Ya olahraga," tutur Argo di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019).

Sementara itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra menambahkan, personel kepolisian memang dituntut untuk selalu siaga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Tentunya dengan fisik dan berat badan yang ideal, maka tugas tersebut semakin dapat terlaksana dengan baik.

"Orang yang ingin berat badannya ideal itu tentunya harus melalui upaya-upaya yang sehat, olahraga, dan sebagainya. Itu sebagai tuntutan performa, dimana stamina Polri itu harus prima. Kedua, terkait aspek penampilan. Kalau polisi terlalu tampak gendut kan tidak elok dilihatnya, jadi harus betul-betul ideal," kata Kombes Asep. (mdk/dan)

Baca juga:
Tak Cuma di Indonesia, Negara-Negara Ini Juga Bermasalah dengan Polisi Perut Buncit
43 Polisi Gendut 'Dihukum' Lari Keliling Lapangan Upacara Polda Jambi
Ejek Polisi Gendut di Medsos, Dua Warga Kudus Diciduk
50 Polisi Jalani Program Diet di Mojokerto, 47 Personel Berhasil dan 3 Masih Gendut
50 Polisi Gendut 'Dipaksa' Kurus di Sekolah Polisi Negara
Polisi gendut di Bontang digembosi dengan cara lari siang