Tak Hanya Jokowi, Dua Presiden Indonesia Ini Dapat Keistimewaan Masuk Kabah

PERISTIWA | 16 April 2019 06:08 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Mendapat kesempatan masuk ke dalam Kabah adalah pengalaman spiritual yang luar biasa. Tidak semua orang berkesempatan diizinkan masuk ke dalam kabah, kiblat umat Islam. Yang terbaru adalah Presiden Jokowi mendapat keistimewaan masuk ke dalam Kabah.

Beberapa Presiden Indonesia mendapatkan kesempatan dan mendapat keistimewaan oleh Kerajaan Arab Saudi untuk masuk ke dalam Kabah. Selain Jokowi, berikut ini adalah para Presiden Indonesia yang masuk ke dalam Kabah:

1 dari 3 halaman

Presiden Soeharto

Pada 30 Oktober 1995, Presiden Soeharto bersama keluarga menunaikan ibadah umrah. Saat umrah tersebut, Soeharto dan keluarga diberikan kesempatan untuk memasuki Kabah selama 20 menit. Saat itu, presiden RI ke dua itu mengajak anak-anaknya Siti Hardiyanti Rukmana, Bambang Trihatmodjo dan Halimah, serta Siti Hediyanti Herijadi dan enam cucu.

Keluarga Soeharto itu mendapat pengawalan ketat dari kerajaan. Mereka juga didampingi oleh Pangeran Mochseen (wakil gubernur Mekkah pada masa itu), Menteri Agama Tarmizi Taher, Mensesneg Moerdiono, Menlu Ali Alatas, dan Dubes Keliling NanaSutresna. Sebelum memasuki Kabah, rombongan pun melakukan tawaf selama 30 menit, lalu mencium Hajar Aswad sedikitnya sebanyak empat kali.

2 dari 3 halaman

Presiden SBY

Selain Soeharto, tokoh lain yang pernah memasuki Kabah adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat itu, SBY melaksanakan ibadah umrah pada tanggal 24 April 2006. SBY masuk Kabah setelah menjalankan tawaf. Ketika akan memasuki Kabah, rombongan pengawal menjaga ketat SBY, istrinya, Ani Yudhoyono juga putranya Edhie Baskoro.

Mereka didampingi oleh pejabat kerajaan. SBY nampak pelan-pelan saat menaiki anak tangga Kabah. Di belakang SBY ada Ani Yudhoyono dan Edi Baskoro. Mereka kusyu menjalani ibadah tersebut.

3 dari 3 halaman

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi bersama keluarga juga mendapat kehormatan untuk memasuki Kabah di Masjidil Haram saat menunaikan ibadah umrah. Saat akan memasuki tempat suci tersebut, Jokowi mendapat pengawalan sangat ketat dari Paspampres dan aparat Kerajaan Saudi. Jokowi juga nampak didampingi oleh jajaran kerajaan. Saat menaiki anak tangga Jokowi berada di barisan depan diikuti Iriana dan putranya. Jokowi kemudian dipersilakan masuk. Di dalam Kabah Jokowi dan keluarga memanjatkan doa. Mereka keluar berbarengan dengan pihak Arab Saudi dan pengawal.

"Hanya ucapan syukur yang bisa saya panjatkan ke hadirat Allah SWT untuk kesempatan menjejak ruang dalam Baitullah," tulis Jokowi dalam akun Instagramnya, dikutip merdeka.com, Senin (15/4).

(mdk/end)