Tak Lakukan Penyekatan saat Nataru, Pemkot Makassar Tetap Waspadai Varian Omicron

Tak Lakukan Penyekatan saat Nataru, Pemkot Makassar Tetap Waspadai Varian Omicron
Wali Kota Makassar Danny Pomanto. ©2021 Pemkot Makassar
NEWS | 8 Desember 2021 23:00 Reporter : Ihwan Fajar

Merdeka.com - Jelang momen Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tidak akan melakukan penyekatan di wilayah perbatasannya dengan Kabupaten Maros dan Gowa. Meski tidak ada penyekatan, mereka akan mengintensifkan pengawasan sejumlah tempat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, terutama setelah munculnya varian omicron.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, pihaknya telah menerima arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tentang tindakan saat momen Nataru.
"Dari hasil arahan Kemendagri tadi, PPKM level 3 batal diadakan dan diminta untuk tidak melakukan penyekatan. Hanya ditekankan untuk lebih mewaspadai adanya pergerakan varian baru Covid-19 yakni omicron," ujarnya seusai mengikuti rapat virtual dengan Mendagri, Tito Karnavian, Rabu (8/12).

Pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini akan mengikuti arahan Mendagri yang melarang adanya penyekatan. Meski penyekatan dilarang pusat tapi bukan berarti masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan penuh euforia.

"Tetap akan diintensifkan pengawasan di masing-masing tempat termasuk Makassar. Kerumunan dilarang dan semua mengikuti aturan protokol kesehatan yang ketat," kata wali kota berlatar arsitek itu.

Selain penerapan prokes ketat, para kepala daerah juga di minta untuk memaksimalkan vaksinasi untuk menjaga imunitas warganya.

"Vaksinasi alhamdulillah Makassar sudah lewat 70 persen, tapi saya optimis Desember 2021 ini bisa tembus angka 80 persen. Jadi mohon agar tetap patuhi instruksi pemerintah demi keselamatan bersama," ucapnya. (mdk/yan)

Baca juga:
Tempat Karaoke di Jakarta Dibuka Saat PPKM Level 2, Pengunjung Maksimal Nyanyi 3 Jam
PPKM Level 3 Nasional Saat Nataru Batal, Konsumsi Masyarakat Akhir Tahun Meningkat
Pembatalan PPKM Level 3 Akhir Tahun Tak Langsung Buat Kunjungan Wisata Naik Drastis
34 Kelab Malam di Bali Sepakat Tak Gelar Pesta Malam Tahun Baru
Ditetapkan PPKM Level 2, Pemkot Palembang Tutup Tempat Wisata saat Nataru
Dua Parameter Pembatalan PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami