Tak Mau Bertindak Keras, Pemkab Boyolali Bujuk Perantau Tunda Mudik

Tak Mau Bertindak Keras, Pemkab Boyolali Bujuk Perantau Tunda Mudik
Bupati Boyolali Muhammad Said Hidayat. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 21 April 2021 12:32 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali tetap melarang warga mudik Lebaran seperti kebijakan pemerintah pusat. Namun mereka tidak akan menjemput paksa pemudik untuk dikarantina jika ada yang nekat pulang kampung saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

"Tidak perlu kita bertindak sekeras itu. Kalau ada ya kita ajak berkomunikasi, kan waktunya juga masih lama. Semoga dalam waktu yang lama ini bisa membangun kesadaran masyarakat untuk mengikuti saran pemerintah pusat untuk tidak mudik dulu di Lebaran tahun ini," ujar Bupati Boyolali Muhammad Said Hidayat, Rabu (21/4).

Untuk mengantisipasi pemudik yang nekat memasuki wilayahnya, penjagaan akan dilakukan di titik-titik tertentu. Namun menurutnya, yang terpenting adalah membangun kesadaran masyarakat agar tidak mudik. Salah satu caranya dengan memperbanyak komunikasi dengan keluarga yang ada di perantauan.

"Kita selalu mengikuti kebijakan pemerintah pusat terkait larangan mudik. Akan tetapi, antisipasi sudah dikoordinasikan," katanya.

Said menegaskan, dengan apa yang dilakukan itu, bukan berarti warga Boyolali menolak kepulangan saudara-saudaranya. Namun di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, akan lebih baik jika keluarga di daerah lain menunda kepulangannya.

Guna mengantisipasi munculnya kasus penularan saat Lebaran, pihaknya juga menyiapkan lokasi karantina khusus di RSUD Pandanaran. Kamar isolasi di rumah sakit itu saat ini dalam keadaan kosong, seiring status kabupaten penghasil susu itu yang terus membaik.

"Ruang karantina kita siapkan di RSUD. Alhamdulillah selama sekian bulan ini kosong tanpa pasien Covid-19," katanya.

Terkait ASN (aparatur sipil negara), bupati mengizinkan mereka untuk mudik lokal, atau seputaran Solo Raya. (mdk/yan)

Baca juga:
Kominfo Imbau Masyarakat Tidak Mudik Lebaran
8 Wilayah Aglomerasi yang Boleh Mudik Lokal
Cegah Pemudik, Penyekatan di Perbatasan Semarang Bakal Lebih Ketat
Wabup Karawang Cek Persiapan 14 Pos Penyekatan Mudik
Menko PMK Sebut Wisata Lokal Boleh Buka saat Larangan Mudik agar Ekonomi Bergerak
Sandiaga Uno Gandeng Musisi dan Budayawan Kampanyekan Larangan Mudik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami