Tak Pakai Masker, Warga Luar Kota di Solo Harus Bersihkan Selokan 30 Menit

Tak Pakai Masker, Warga Luar Kota di Solo Harus Bersihkan Selokan 30 Menit
PERISTIWA | 28 September 2020 23:30 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mencatat sebagian besar pelanggar protokol kesehatan merupakan warga luar Kota Solo. Mereka terkena razia oleh tim gabungan Satpol PP, TNI, Polri dan dinas terkait saat operasi yustisi. Mereka terbukti tidak mengenakan masker saat razia di sejumlah ruas jalan di Kota Bengawan.

"Untuk operasi yustisi masker, 60 persen pelanggarnya itu dari luar kota, 40 persen dari dalam kota. Maka sanksinya, dibedakan. Dalam kota tetap 15 menit, luar kota 30 menit," ujar Rudy, di Balai kota Solo, Senin (28/9).

Seperti diketahui, dalam peraturan wali kota (Perwali) nomor 24 tahun 2020 salah satunya diatur, warga yang tidak mengenakan masker Dikenakan sanksi membersihkan sungai, selokan atau drainase. Bagi pelanggar selama ini harus membersihkan sungai atau selokan selama 15 menit. Hingga saat ini, telah ratusan warga yang terjaring operasi yustisi tersebut, dan menjalani sanksi seperti yang sudah ditentukan.

"Jadi rekan rekan wartawan mohon perhatian, karena dari Sragen ada, dari Karanganyar ada, nanti kalau masuk Solo nggak pakai masker, masuk sungai 30 menit," tandasnya.

Kepala satpol PP kota Solo, Arif Budiman membenarkan jika sebagian besar pelanggar penggunaan masker selama ini merupakan warga luar kota Solo. Dari total 873 pelanggar, hanya 353 orang yang berasal dari kota Solo. Sedangkan sisanya merupakan warga sekitar, yakni Sukoharjo, Karanganyar, Sragen dan lainnya.

"Tidak semuanya kita kenakan sanksi membersihkan sungai. Karena operasi kita juga berlangsung malam hari, kemudian pelanggarnya juga ada yang anak anak, orang tua dan lainnya. Tapi yang tidak masuk sungai tidak sampai 100 orang kok," jelasnya.

Arif mengaku akan segera melaksanakan instruksi wali kota terbaru, terkait durasi sanksi bagi pelanggar dari luar kota. Bagi warga luar kota yang tidak mengenakan masker, akan diberikan sanksi membersihkan sungai, selokan atau drainase selama 30 menit. (mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami