Tak Perlu Bawa Hasil Antigen, Pengunjung Bisa Tes GeNose di Kebun Raya Bogor

Tak Perlu Bawa Hasil Antigen, Pengunjung Bisa Tes GeNose di Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor. ©2016 merdeka.com/imam buhori
PERISTIWA | 15 Mei 2021 20:03 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Pengelola Kebun Raya Bogor (KRB), Bogor, Jawa Barat, menyediakan layanan tes GeNose bagi para pengunjung pada libur Lebaran 2021. Ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 sekaligus memberikan rasa aman.

General Manager KRB, Marga Anggrianto mengatakan, tes GeNose diberlakukan bagi pengunjung yang datang tapi tidak membawa hasil tes cepat antigen dengan hasil negatif.

"Pengunjung yang tidak membawa hasil tes rapid antigen dengan hasil negatif, dilakukan tes GeNose dengan biaya Rp30.000 per orang. Jika hasilnya negatif, dipersilakan memasuki KRB," katanya, Sabtu (15/5).

Menurutnya, pengunjung yang datang ke KRB harus mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak fisik, dan membawa hand sanitizer.

KRB sebagai destinasi wisata konservasi tumbuhan eks situ, menyiapkan fasilitas protokol kesehatan, seperti pemeriksaan temperatur tubuh pada saat pengunjung di pintu masuk KRB, serta meningkatkan pengawasan protokol kesehatan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

Khusus pada libur Lebaran pada 12-16 Mei 2021, pengelola KRB menambah petugas yang bertugas keliling kebun untuk mengawasi pengunjung, apakah ada kerumunan atau tidak.

"Kalau ada kerumunan pengunjung, diminta untuk dipecah atau dibuat berjarak, agar tidak ada kerumunan yang padat," ujar Marga seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, tim keliling yang bertugas sebagai Satgas Covid-19 mengawasi pengunjung agar selalu disiplin prokes menerapkan protokol kesehatan. Di sisi lain, para pegawai KRB telah menjalani vaksinasi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

KRB yang terbuka untuk pengunjung dari Kota Bogor pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, tercatat jumlah pengunjungnya pada hari kedua Lebaran atau Jumat (14/5) mencapai 4.558 orang. (mdk/fik)

Baca juga:
Antrean Mengular Imbas Penutupan, Pengelola TMII Sebut Kapasitas Pengunjung Sudah 30%
Kota Tua Jakarta Ditutup Selama Libur Lebaran
Menko Airlangga: Pengaturan Tempat Wisata Diserahkan ke Pemda Masing-masing
Polres Cianjur Tutup Jalur Menuju Puncak
Kepadatan Tol Jagorawi Arah Bogor pada Libur Lebaran
Pengunjung Ragunan Capai 16.000 Orang Pada Sabtu 15 Mei 2021

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami