Tak Sanggup Bayar Kost, 15 Orang Nekat Mudik dalam Satu Mobil Menuju Garut

Tak Sanggup Bayar Kost, 15 Orang Nekat Mudik dalam Satu Mobil Menuju Garut
pos pengawasan larangan mudik. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki
PERISTIWA | 23 Mei 2020 20:28 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Dua mobil berpelat Jakarta yang diduga mengangkut penumpang dengan kapasitas berlebih terjaring saat memasuki Kota Bandung di exit tol Buahbatu. Dua mobil jenis MPV itu mengangkut masing-masing 14 penumpang dan 15 penumpang pria.

Polisi yang berjaga di ruas jalan tersebut memberhentikan mobil dan meminta untuk kembali ke Jakarta karena mengakui kesalahan melanggar aturan yang berlaku. Petugas tidak memberikan sanksi berat, hanya melakukan pencatatan identitas.

Kanitlantas Polsek Bandung Kidul AKP Fiekry Adi Perdana mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (23/5). Petugas yang berjaga curiga saat kendaraan tersebut melaju secara ragu-ragu.

Setelah disuruh menepi, penumpang di dua mobil tersebut berdesakan. Ada yang dipangku, bahkan ada yang duduk di bawah kursi mobil. Bagian tengah dan belakang diisi masing-masing enam orang.

Saat ditanya, status penumpang didominasi mahasiswa, ada pula yang bekerja namun sudah dirumahkan. Mereka nekat pulang karena sudah tidak sanggup membayar uang sewa kost. Daerah yang mereka tuju kebanyakan di daerah Kabupaten Garut, hingga Kabupaten Ciamis.

"Yang (mobil) satu 15 orang, yang (mobil) satu lagi 14 orang. Kondisinya berdesakan, kasihan, " kata Fiekry saat ditemui di cek poin penjagaan daerah Buahbatu.

"Kendaraannya diputarbalikkan. Mereka mengakui salah," ucap dia lagi.

Di cek poin Buahbatu, sedikitnya sudah ada 500 kendaraan yang diputarbalikkan karena melanggar aturan yang berlaku dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Tak hanya yang mudik, banyak juga di antara penumpang kendaraan tersebut bertujuan untuk berbelanja.

Dia menduga, Buahbatu menjadi salah satu tempat tujuan belanja kebutuhan pokok karena ada banyak toko grosir. Ia dan petugas mengaku terus melakukan penjagaan dengan ketat selama pemberlakuan PSBB.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami