Tanah Longsor Rusak Belasan Rumah di Garut

Tanah Longsor Rusak Belasan Rumah di Garut
PERISTIWA | 3 Desember 2020 17:55 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Bencana tanah longsor yang telah merusak belasan rumah di Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat sejak Selasa (1/12), hingga kini masih mengancam puluhan rumah lainnya. Meski kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa berkat warga diungsikan terlebih dahulu.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengakui bencana tanah longsor itu masih terus terjadi dan mengancam puluhan rumah warga di Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong.

"Sekarang menjadi 55 (rumah rusak dan terancam) karena memang tanahnya masih terus bergerak," kata Helmi Budiman usai meninjau lokasi longsor di Kampung Sawah Jeruk, Desa Sukamulya dilansir Antara, Kamis (3/12).

Dia menuturkan, pergerakan tanah longsor itu sudah berlangsung sejak tiga hari lalu, kemudian warga diperingatkan agar waspada terkait ancaman bahaya bencana tersebut sehingga tidak ada korban jiwa.

Namun kejadian besar longsoran tanah di daerah itu, terjadi Kamis pagi, menyebabkan 15 rumah rusak dan 40 rumah terancam bahaya bencana longsor susulan.

"Sebenarnya kejadian bencana longsornya sudah tiga hari, longsornya (longsor besar) baru tadi pagi dan warga sudah mengungsi, tidak ada korban jiwa," katanya.

Petugas dari BPBD, TNI/Polri maupun sukarelawan belum dapat membersihkan sisa material tanah longsor yang menimpa rumah warga karena daerah tersebut masih berpotensi longsor susulan.

"Longsorannya sekarang masih bergerak, jadi belum bisa dibersihkan," ujarnya.

Terkait nasib warga yang rumahnya terancam dan rusak, kata Helmi, sementara diungsikan dulu di satu tempat bangunan sekolah yang lokasinya dekat dengan puskesmas maupun kantor kecamatan.

Selama di pengungsian, pihaknya akan mendirikan dapur umum dan menyiapkan kebutuhan logistik serta menerjunkan tim medis untuk menangani masalah kesehatannya.

"Sementara ditempatkan di sekolah, karena dekat dengan puskesmas, kita tinggal mendirikan dapur umum," katanya. (mdk/ray)

Baca juga:
7 Rumah di Garut Tertimbun Longsor, Jalur Selatan Jabar Lumpuh
42 Rumah di Simalungun Tertimpa Longsor Akibat Hujan Deras, Ini Kronologinya
Diguyur Hujan Deras Hampir 5 Jam, 14 Bangunan di Samarinda Terkena Longsor
Cuaca Ekstrem Picu Longsor di Simalungun dan Karo Sumatera Utara
Pengendara Motor Tewas Terseret Longsor di Cianjur

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami