Tangkap DPO, Polisi Amankan Tiga Senjata Api Jenis M16 di Merauke

Tangkap DPO, Polisi Amankan Tiga Senjata Api Jenis M16 di Merauke
Polisi Amankan Tiga Senpi Jenis M16 di Merauke. ©2021 Istimewa
PERISTIWA | 2 Maret 2021 11:53 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Jajaran Polres Merauke mengamankan seorang pria berinisial AG pada Minggu (28/2) kemarin sekitar pukul 22.00 Wib. Pria ini diamankan di Jalan Gak Kabupaten Merauke.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, pria yang diamankan tersebut karena kedapatan membawa tiga pucuk senjata api jenis M16 dan puluhan amunisi. Kegiatan ini sendiri dipimpin langsung oleh Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji.

"Pada hari dan tanggal tersebut di atas, dari hasil penyelidikan tim dilapangan sekira pukul 22.00 Wit, tim menghentikan sebuah mobil ranger berwarna putih di Jalan Gak yang dikendarai oleh AG dan kemudian dilakukan penggeledahan," kata Kamal dalam keterangannya, Selasa (2/3).

Saat dilakukan penggeledahan, AG kedapatan membawa tiga pucuk senjata api jenis M16.

"Dari hasil penggeledahan tersebut, tim berhasil mendapati 3 Pucuk Senjata Api jenis M16, amunisi serta peralatan las yang diletakan pada belakang jok mobil ranger," jelasnya.

"Selanjutnya, pelaku beserta barang bukti langsung diamankan ke Mapolres Merauke guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut," sambungnya.

Kamal mengungkapkan, pelaku yang ditangkap tersebut sudah menjadi incaran atau target polisi. "Pelaku merupakan target operasi yang telah lama di pantau oleh anggota Polres Merauke," ungkapnya.

Kini, polisi masih melakukan pengembangan kejadian tersebut guna mencari pemasok senjata dan amunisi yang diduga melibatkan orang tertentu.

"Barang bukti yang diamankan satu unit mobil ranger warna putih, tiga pucuk senjata Jenis M16, lima laras senjata api, dua peredam, satu teleskop serta 38 amunisi kaliber 5,56 dan sejumlah peralatan las," tutupnya.

Atas perbuatannya pelaku dapat dijerat dengan pasal Pasal 1 Ayat (1) UU Darurat No. 12 Tahun 1951 Jo Pasal 55 KUHPidana, dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi-tingginya 20 tahun. (mdk/ray)

Baca juga:
Polisi Tangkap 3 Pembuat Senjata Api di Merauke
Senjata Api KKB Papua Ternyata Milik Polisi yang Hilang saat Kerusuhan Ambon
Politikus PDIP: Jual Senjata ke KKB Bentuk Pengkhianatan kepada NKRI
Kasus Penjualan Senpi Dilakukan 2 Polisi ke KKB Papua Libatkan Prajurit TNI
Propam Polri Masih Dalami Dua Polisi yang Jual Senjata ke KKB Papua

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami