Target 1.000 Hafiz, Pemkab Bogor Gelontorkan Rp 1,75 Miliar untuk Penghafal Alquran

Target 1.000 Hafiz, Pemkab Bogor Gelontorkan Rp 1,75 Miliar untuk Penghafal Alquran
Bupati Bogor luncurkan program pembinaan penghafal Alquran. ©2021 Merdeka.com/Rasyid Ali
PERISTIWA | 29 April 2021 20:54 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Bupati Bogor, Ade Yasin meluncurkan program pembinaan tahfizh Alquran, sebagai bentuk apresiasi, motivasi dan penghargaan kepada para pengafal Alquran, dalam bentuk beasiswa sebesar Rp 1,75 miliar, tepat di malam Nuzulul Quran, Kamis (29/4).

"Ada 300 orang penghafal yang terpilih dalam program ini. Pembina ada 30 orang. Mari kita niatkan ini semata-mata untuk ibadah dan mengharap pahal dari Allah," kata Ade Yasin.

Meski memiliki program khusus, Ade juga berharap kepada pondok pesantren di Bumi Tegar Beriman, melahirkan lebih banyak lagi penghafal quran. Karena hal itu akan menjadi aset positif bagi Pemkab Bogor.

"Dengan pola pengajaran yang terpadu dan integratif, pondok pesantren menjadi mitra sekaligus konektor dalam memudahkan pencapaian terget 1.000 hafizh dan mewujudkan visi Kabupaten Bogor berkeadaban," katanya.

Target 1.000 penghafal quran itu dapat dikatakan realistis. Mengingat jumlah pondok pesantren di Bumi Tegar Beriman yang tercatat di Kementerian Agama hingga 2020 mencapai 1.404 pondok pesantren.

"Ini yang saya sebut aset positif Kabupaten Bogor. Semoga ikhtiar ini menjadi bukti nyata bahwa pemerintah hadi dan peduli terhadap eksistensi para penghafal quran, sekalipun nomilai Rp1,75 miliar tidak seberapa. Tapi ini bentuk perhatian dan kepedulian yang diberikan," katanya. (mdk/gil)

Baca juga:
60 Kata-Kata Islami Singkat dan Mendalam, Damaikan Hati
Bacaan Surat Al-Qadr Ayat 1-5 dan Artinya, Lengkap dengan Kemuliaan Lailatul Qadar
Kekhusyukan Santri Tunanetra Tadarus dengan Alquran Braille
Kekhusyukan Para Santri Menghafal Alquran
Intip Produksi Alquran Braille di Taman Tunanetra Tangsel
Arti Surat Al-Kautsar dan Keutamaannya, Umat Muslim Wajib Tahu

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami