Target Akhir Mei, Mensos Sebut Distribusi Bansos Masih Kurang 2,1 Juta KPM

Target Akhir Mei, Mensos Sebut Distribusi Bansos Masih Kurang 2,1 Juta KPM
PERISTIWA | 8 Mei 2020 16:37 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Sosial Juliari Batubara menjelaskan saat pihaknya menargetkan pembagian bantuan sosial untuk 20 juta keluarga penerima manfaat (KPM) pada Akhir Mei 2020. Saat ini dia menjelaskan pihaknya sudah memberikan 17,9 juta KPM dan masih kurang 2,1 juta KPM untuk mencapai target.

"Saat ini sudah mencapai 17,9 juta KPM sehingga masih kurang 2,1 juta KPM untuk mencapai target 20 jt KPM. Insyallah bulan Mei ini akhir Mei kami bisa mencapai target 20 jt KPM seperti program yang sudah disepakati," kata Juliari saat siaran telekonference bersama awak media, Jumat (8/5).

Juliari mengatakan pihaknya juga akan memberikan bantuan sosial nonregular khusus Covid-19. Bantuan tersebut akan diberikan untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi). Pembangian tersebut dengan target 1,3 juta kartu keluarga (KK) untuk Jakarta dan 600 ribu KK untuk Bodetabek.

"Selama 3 bulan dengan nilai satu bulan per keluarga penerima manfaat adalah Rp600 ribu dengan penyalurannya adalah 2 minggu sekali jadi setiap penyaluran itu nilainya Rp300 ribu paketnya. Jadi Rp300 ribu kemudian dapat lagi Rp300 ribu sehingga total Rp600 ribu dalam sebulan, dikali 3 bulan," jelas Juliari.

Kemudian dia menjelaskan tahap pertama sudah selesai. Selanjutnya untuk wilayah Bodetabek akan dilakukan 600 ribu KK dengan mekanisme yang sama.

"Presiden memerintahkan agar bansos sembako Jabodetabek ini dari 6 kali tahapan penyaluran itu dibagi 4 penyaluran dalam bentuk paket sembako dan 2 kali penyaluran dalam bentuk beras," ungkap Juliari. (mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami