Tasikmalaya Mulai Vaksinasi 29 Januari

Tasikmalaya Mulai Vaksinasi 29 Januari
Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS
PERISTIWA | 27 Januari 2021 21:07 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - 7.400 Dosis vaksin Covid-19, Rabu (27/1) telah tiba di Kota Tasikmalaya dengan aman. Vaksin tersebut saat datang langsung dicek dan disimpan di gudang milik Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya. Rencananya, vaksinasi akan dimulai pada Jumat (29/1).

"Vaksin itu untuk tenaga kesehatan. Tapi pelaksanaan vaksinasi pertama di Kota Tasikmalaya akan dilakukan kepada unsur pimpinan daerah pada Jumat (29/1) besok," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, Rabu (27/1).

Dia mengungkapkan, rencananya pejabat yang merupakan unsur pimpinan daerah akan pertama kali di vaksin akan terlebih dahulu melakukan tes kesehatan pada Kamis (28/1) sebagai syarat penerima vaksin.

Para unsur pimpinan daerah itu, rencananya akan di vaksin di Puskesmas Kersanagara, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya. “Baru setelah itu, vaksinasi akan dilakukan kepada para tenaga kesehatan yang jumlahnya sekitar 3.400 orang pada tahap pertama,” ungkapnya.

Di Kota Tasikmalaya, secara umum vaksinasi menyasar 70 persen dari total penduduk atau sekitar 500 ribu warga agar tercipta kekebalan kelompok. Oleh karena itu, warga yang ditunjuk untuk mendapatkan vaksinasi wajib mengikutinya.

"Ini untuk kepentingan nasional. Bukan mau atau tidak, tapi wajib, sepanjang memenuhi persyaratan," katanya.

Walau begitu, Ivan mengaku belum bisa memastikan kapan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat umum akan dilakukan karena tetap harus menunggu distribusi vaksin dari pemerintah pusat. Namun yang pasti, menurutnya Kota Tasikmalaya siap melakukan vaksinasi. (mdk/gil)

Baca juga:
Komisi IX Minta Pemerintah Percepat Vaksinasi Covid-19 Agar Sesuai Target
Raffi Ahmad Dianggap Tak Serius Hadapi Gugatan Dugaan Pelanggaran Prokes
Kemenkes: Registrasi Jadi Kendala Vaksinasi Covid-19 Tahap 1
Vaksin Sinovac Tahap Pertama Tiba di Kabupaten Bekasi
WHO Tidak Sarankan Ibu Hamil Disuntik Vaksin Moderna
Pemerintah Diminta Optimalkan Penggunaan Teknologi untuk Percepat Vaksinasi Covid

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami