Tegaskan Asli Indonesia, Ini Sosok 3 Brimob yang Dituduh Sebagai Polisi China

PERISTIWA | 24 Mei 2019 15:06 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Polisi menangkap seorang pria berinisial SDA. Pria asal Bekasi itu ditangkap Direktorat Siber Mabes Polri terkait penyebaran berita hoaks keterlibatan anggota polisi asing dalam mengamankan massa demo 22 Mei.

"Tersangka diyakini telah melakukan perbuatan menyebarkan informasi dan menimbulkan rasa kebencian," kata Kasubdit II Cyber Bareskrim Polri Kombes Ricky Naldo Chairul saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (24/5).

Ketiga anggota Brimob yang fotonya disebarkan pelaku hingga viral turut dihadirkan dalam rilis kasus tersebut. Ketiganya mengaku anggota Brimob dari Polda Sumatera Utara (Sumut).

"Selamat siang untuk semuanya, izin jenderal, kami tegaskan sekali lagi kami adalah asli Brimob bukan polisi China bahwa saya Brimob Polda Sumatera Utara," kata salah satu anggota Brimob.

"Mohon izin jenderal, izin komandan. Perkenalkan saya dari Brimob Sumatera Utara, Tebing Tinggi. Saya asli orang Indonesia," timpal salah satu Brimob.

"Izin jenderal, izin komandan. Di sini saya ingin menegaskan bahwa saya asli Brimob Indonesia yang bertugas di Polda Sumatera Utara bertepat Tebing Tinggi Detasemen B. Berita selama ini merupakan hoaks bahwa kami murni Indonesia dan berdarah Indonesia," tegas anggota Brimob lainnya.

Polri menegaskan akan mendalami setiap akun penyebar konten provokatif dan hoaks. "Pengalaman-pengalaman dari kami akan mendalami setiap akun-akun menyebarkan konten-konten berupa foto, video, yang bersifat provokatif, hoaks, ujaran kebencian dengan melalui pembuktian secara ilmiah ini akan diungkap," tegas Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Baca juga:
Mabes TNI Sebut Isu Provokator di Petamburan Anggota BAIS Hoaks
Ketika Pemerintah Sri Lanka Tak Kuasa Meredam Berita Palsu Usai Pengeboman di Gereja
Sebar Foto Hoaks dan Provokasi, Seorang Pesilat di Trenggalek Ditangkap Polisi
Batasi WhatsApp dan Facebook, Menkominfo Klaim Sukses Meredam Hoaks
Kapolda Jatim Kantongi Identitas Pelaku Pembakaran Polsek Tambelangan
Kuasa Hukum Trio Emak Penyebar Kampanye Hitam Jokowi Lampirkan Berkas Pembelaan
Penjelasan Polisi soal Hoaks-Hoaks yang Beredar di Media Sosial 22 Mei

(mdk/gil)