Tekad Letda Laut Alma Berbakti untuk NKRI

Tekad Letda Laut Alma Berbakti untuk NKRI
Letda Laut Alma Shinta Carissa. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 18 April 2021 06:06 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Disiplin, ulet dan bertanggung jawab menjadi sifat yang melekat dalam diri Alma Shinta Carissa (23). Karakter itu mengantarkan dirinya menjadi Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dengan nilai seleksi terbaik pada Pendidikan Pertama Prajurit Karir (PA PK) TNI Angkatan Darat tahun 2019 lalu.

Alma, sapaan akrabnya saat ini berdinas di Psikologi TNI Angkatan Laut, Surabaya. Di matra itu, dara kelahiran 16 November 1997 ini bertekad untuk mengabdi pada bangsa dan negara.

"Tujuannya enggak harus tentara, tapi dalam diri dulu memang ingin mengabdi untuk negara, waktu itu sempat ingin bisa masuk Akpol," kata mantan atlet Kempo Provinsi DKI Jakarta itu saat berbincang dengan merdeka.com.

Namun mimpinya itu urung, lantaran dia harus menyelesaikan tugas sebagai atlet Kempo Provinsi DKI Jakarta, yang kemudian membuahkan banyak prestasi yang membuat dirinya semakin melejit dalam olahraga bela diri tersebut.

Dari kecintaannya terhadap seni bela diri Kempo, Alma juga meraih banyak kesempatan selama menempuh pendidikan strata I di fakultas Psikologi, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan meraih beasiswa pendidikan.

"Waktu itu masuk UNJ lewat jalur undangan dari sekolah di SMAN58 Jakarta Timur. Pilihan saya memang jurusan psikologi," ucap wanita berpangkat Letda Laut (KH/W) Alma Shinta Carissa.

letda laut alma shinta carissa

Kini, Alma mengaku sangat senang dan bangga akhirnya bisa menjadi bagian dari prajurit TNI AL. Dia mengaku akan terus melanjutkan seni bela diri Kempo yang dia cintai, sambil tetap fokus terhadap dunia militer dan capaian pendidikan yang lebih tinggi lagi.

"Perasaan saya tentu senang, bangga karena apa yang sudah saya harapkan, apa yang cita-citakan tercapai. Sebagai anak negara saya siap menunaikan setiap tugas dan kewajiban yang dipercayakan negara ini kepada saya," tegasnya.

Sebagai wanita, Alma mengakui tidak mudah menjadi bagian dari kesatuan TNI AL. Dia teringat akan perjuangan dan semangat kuat untuk bisa lolos seleksi Akmil, yang saat itu berbarengan dengan penyelesaian tugas skripsi kuliah sarjananya.

"Saya ingat betul selama berbulan-bulan sambil saya menyelesaikan skripsi, pagi bimbingan dosen dan sore latihan fisik di lapangan Atang, Kopassus, Cijantung, untuk persiapan seleksi Akmil," kata Alma.

Pilihan masuk militer dia ambil, setelah Alma rela menanggalkan keinginan bergabung di Kepolisian saat 2016 lalu. Hal itu juga didasari pengalaman magang di Pusat Psikologi Angkatan Darat di Bandung, semasa berkuliah di UNJ.

"Awalnya dari magang saat kuliah di Pusat Psikologi Angkatan Darat di Bandung, dari situ semakin tertarik ingin di dunia militer. Kemudian ikut latihan agar lolos seleksi dan Alhamdulillah lolos seleksi di Matra Laut. Kebetulan juga di dorong prestasi-prestasi di Kempo," terang peraih banyak medali emas dan perak dari kejuaraan Kempo.

Wanita yang lama menetap di wilayah Serang, Banten, ini mengaku juga sangat senang berada di lingkungan militer. Walau sebelumnya anak pertama dari tiga bersaudara ini, mengaku sangat dekat dengan kedua orang tua dan adik-adik perempuannya.

"Sebagai anak negara, apapun tugas dan tanggung jawab saya sebagai Kowal, saya siap laksanakan. Kalau kangen (keluarga) pasti. Apalagi lebaran kemarin dan tahun ini juga enggak akan boleh mudik," katanya.

Meski begitu, Alma mengaku tidak akan meninggalkan olahraga bela diri Kempo, yang telah banyak menempa hidupnya sampai saat ini.

"Selama pendidikan sampai saat ini belum latihan lagi. Dalam waktu dekat saya akan cari Dojo (sasana) untuk kembali berlatih Kempo," kata wanita kelahiran Bogor, Jawa Barat itu. (mdk/cob)

Baca juga:
Alma Shinta Carissa, Srikandi TNI AL Ahli Bela Diri yang Ingin Berbakti untuk NKRI
Momen Menegangkan TNI Latihan di Medan Tempur, Nyawa jadi Taruhan, Ini Videonya
Viral Video Veteran Agresi Militer II, Nasib Miris Kini jadi Penjual Mainan Keliling
Berseragam Lengkap, Begini Cara Anggota Ucapkan Selamat Ultah ke Komandan Marinir
TNI AL Kerahkan 5 KRI Bantu Penanganan Bencana Alam di NTT
Pertarungan Sengit Pasukan Marinir TNI AL di Kepri, KRI & Pesawat Lepaskan Tembakan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami