Tembakau dan Cairan Rokok Elektrik Ilegal di Bogor Senilai Rp5 Miliar Dimusnahkan

Tembakau dan Cairan Rokok Elektrik Ilegal di Bogor Senilai Rp5 Miliar Dimusnahkan
PERISTIWA | 25 November 2020 23:32 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memusnahkan rokok dan cairan rokok elektrik ilegal senilai Rp 5 miliar. Pemusnahan dilakukan di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Wilayah Jawa Barat, Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor pada Rabu (25/11).

Plt Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Edwan Isrin mengatakan, pemusnahan ini dilakukan serentak di seluruh Jawa Barat, seperti Bekasi, Cikarang, termasuk Jakarta. Pemusnahan ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai ketentuan di bidang cukai, terkait peredaran barang kena cukai ilegal.

"Ini sekaligus menjalankan amanat undang-undang dalam tata kelola dana bagi hasil, khususnya yang berasal dari cukai hasil tembakau," katanya di lokasi, Rabu (25/11).

Barang kena cukai yang dimusnahkan yakni 4.845.450 batang rokok, tembakau iris 1.000.709 gram, minuman mengandung etil alkohol 13.246 botol, serta 6.580 botol cairan rokok elektrik.

"Keseluruhan nilai barang kena cukai ilegal yang dimusnahkan sekitar Rp5 miliar," terangnya.

Menurutnya, Bea dan Cukai se-Jawa Barat akan terus menjalin sinergi dan koordinasi dalam menjalankan program strategis di bidang perekonomian di Jawa Barat, termasuk pemulihan ekonomi nasional.

"Kami terus bekerja sama dengan TNI, Polri, kejaksaan dan instansi lainnya dalam penegakan hukum Undang-Undang Kepabean dan Cuka," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Operasi Laut Gabungan, Dirjen Bea Cukai, Polri dan BNN Amankan 85 Kg Sabu
Bea Cukai Adalah Pungutan Terhadap Barang Ekspor Impor dan Khusus, Ini Selengkapnya
Bea Cukai Solo Musnahkan 258 Seks Toys dan 1 Juta Batang Rokok
Sri Mulyani Minta Kanwil Ditjen Bea Cukai Ikut Genjot Ekspor Produk Halal
2019, Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Tembus Rp 247,1 Miliar
Hingga Agustus 2020, Patroli Laut Bea Cukai Lakukan 205 Penindakan Barang Ilegal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami